Berita Terbaru

Thursday, February 8, 2018

PAN dan Berkarya Belum Memenuhi Syarat di Minahasa
by wepe - 0


Penyerahan Verfak dari KPU Minahasa ke KPU Provinsi


Tondano – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa serahkan hasil Verifikasi Faktual (Verfak) perbaikan kepada 6 Partai Politik (Parpol), rabu (7/2) tadi sore di hotel Mercure Manado.

Penyerahan hasil tersebut di berikan ketua KPU Minahaaa Meidy Yafeth Tinanhon SSi MSi disaksikan anggota KPU antara lain komisioner Decky Paseki, SH, Kristoforus Ngantung, S. Fils, Wiesje Wilar dan Lord A Malonda. Dikatakan Ketua KPU Minahasa, bahwa untuk partai Beringin Karya (Berkarya) sudah tidak memasukan perbaikan syarat keanggotaan dan dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS). Sedangkan untuk PAN, Sekretaris belum memenuhi syarat karena tidak hadir dalam verifikasi.
Hal ini akan di teruskan ke KPU RI melalui KPU Provinsi, nanti pusatlah yang akan menentukan Parpol yang layak menjadi peserta Pemilu. “Keputusan ada di tangan KPU RI, karena pendaftaran sifatnya terpusat, penetapan juga sifatnya terpusat. KPU Minahasa hanya perpanjangan tangan melakukan tugas verifikasi Parpol tingkat kabupaten. Padahal Parpol PAN ini, kami menunggu sampai batas akhir yakni jam 12 malam untuk melengkapi apa yang menjadi syarat, dengan berat hati kami nyatakan Parpol ini api belum memenuhi syarat,"ungkap Tinangon. Diapun berharap agar zemua parpol bisa lolos dalam verifikasi pemilu.
"Kami sangat berharap, semua Parpol yang mendaftar pada beberapa waktu lalu, semua memenuhi syarat dalam verifikasi peserta pemilu. Namun ketentuannya, mereka harus penuhi. Terkait proses laporan di panwas dengan adanya gugatan, akan kita hargai. prosesbya akan berjalan,”jelasnya. Sementata itu, Boby Daud perwakilan PAN memohon kepada KPU agar jangan cepat mengambil keputusan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Sebab partai sendiri sudah berupaya semaksimal mungkin, namun hanya karena salah satu oknum yang beemasalah sehingga PAN tidak masuk sebagai peserta Pemilu. "Ini dilakukan pada batas akhir, saat semua sudah lengkap dan memenuhi syarat, tiba-tiba sekertaris hilang kontak dengan kepengurusan Partai. Untuk itu, permohonan kami kepada KPU Minahasa, kiranya dapat berkoordinasi lagi dengan Panwas. Sebab masalah ini sangat merugikan Partai, hanya karena ulah oknum yang ingin mengagalkan dampaknya kepada kita-kita ini,”himbau Daud. (lee)

Hasil Penyerahan Verifikasi Perubahan Dokumen Enam Parpol //
1. Partai Bulan Bintang (PBB) Memenuhi Syarat (MS)
2. Partai Beringin Karya (Berkarya) Belum Memenuhi Syarat (BMS)
3. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Memenuhi Syarat (MS)
4. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Memenuhi Syarat (MS)
5. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Memenuhi Syarat (MS)
6. Partai Amanat Nasional (PAN) Belum Memenuhi Syarat (BMS)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment