Berita Terbaru

Friday, February 23, 2018

Miris, Ternyata Minut Hanya Memiliki 13 Bank Sampah
by Frani Bagawie - 0

KEGIATAN penanaman pohon dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional yang di samping kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Minut.
AIRMADIDI SMCOM--Daerah yang memiliki wilayah pemukiman yang besar, sudah pasti jumlah volume sampah akan bertambah setiap tahunnya. Untuk itu, pemerintah pusat pun sejak beberapa tahun lalu telah mengeluarkan program Bank Sampah. Tujuannya untuk mengantisipasi tingginya volume sampah yang akan masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) karena sebagian besar sampah masih bisa didaur ulang.

Namun ini sungguh miris yang terjadi di Minut. Kabupaten yang memiliki luas pemukiman ini ternyata hanya memiliki 13 Bank Sampah yang tersebar di 10 Kecamatan. Namun Bank Sampah ini pun tidak dikelolah dengan baik karena terbentur dengan anggaran atau biaya operasinal. Hal itu pun diakui oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minut, Tieneke Rarung. "Memang di Minut hanya ada sekitar 13 Bank Sampah," ujar Rarung kepada wartawan, Jumat 23 Februari 2018, dalam kegiatan penanaman pohon dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional yang di samping kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Minut.

Soal anggaran operasional, kata Rarung, nanti Dinas Lingkungan Hidup Minut nantinya berencana akan menyiapkan dalam APBD kedepan. "Kita akan upayakan kedepan ada anggaran yang disiapkan untuk biaya operasional Bank Sampah," tandasnya.

Sementara itu disisi lain, dalam kegiatan penanaman pohon yang rencananya dilakukan di Desa Kaima Kecamatan Kauditan, dilakukan secara simbolis oleh Bupati Minut Vonnie A Panambunan. Turut menyaksikan kegiatan penanaman pohon ini oleh sejumlah kepala SKPD dan FKPPI.

Rarung menjelaskan, tujuan dilakukan penanaman pohon ini untuk menjaga keseimbangan alam agar terhindar dari bencana. "Pohon sangat penting untuk menahan air sehingga penanaman ini akan dilanjutkan di Desa Kaima," tambahnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment