Berita Terbaru

Wednesday, February 21, 2018

8 Miliard Proyek PU bakal dimiliki 3 orang?
by wepe - 0




Proyek Bronjong Pengaman DAS Girian seperti di sebelah kanan gambar ini

Gohima : Petunjuk Pada Saya Bukan di Proyek itu.

Bitung--Proses Tender bidang sumber daya air (SDA) di dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bitung yang besarannya mencapai Rp 8 Miliard diduga hanya akan dikuasai oleh 3 orang kontraktor saja.

Dari keterangan sumber yang ditemui wartawan disebutkan ketiga itu adalah Kontraktor asal Manado yang di jaman pemerintahan lalu banyak mendapat pekerjaan di Bitung, Rudy Lorens, nama kedua adalah kontraktor asal kota Bitung Tonny Sampouw dan ketiga adalah kontraktor yang dulunya pernah menjadi Tim Sukses HH FK, Indra Gohima

“Bisa dipastikan jika ketiga orang ini yang akan menguasai proyek di bidang Sumber Daya Air, Tapi memang untuk proyek yang telah diberikan kepada Tommy Sampouw sementara di ganggu oleh kontraktor dari Manado, namun kontraktor tersebut tidak memberikan uang jaminan sanggah, sehingga tak akan berpegaruh apa-apa,” jelas sumber yang namanya enggan dimediakan ini.

Diapun sempat merinci, jika Proyek Pembangunan Spam kelurahan Karondoran  seharga 2,3 M akan diberikan kepada Rudy Lorens. “Kontraktor ini (Lorens,Red) sudah sejak lama bekerja sama dengan Pemkot Bitung dijaman pak walikota lalu, jadi kepala dinas kenal baik dengan pak Rudy ,” katanya seraya mengatakan jika kontraktor-kontraktor tersebut memang professional dalam bekerja.

Kepala dinas Pekerjaan Umum Rudy Tenock, yang dikonfirmasi mengatakan kalau itu tidak benar. “Tidak benar, sebab semua pemenang tender tergantung dari hasil pemenang di ULP,” katanya singkat.

Indra Gohima yang di hubungi wartawan mengatakan jika dirinya tidak mendapatkan salah satu proyek di SDA itu. "O, tidak saya tidak mendapatkan petunjuk untuk masuk pada proyek Bidang itu," ungkapnya seraya mengatakan jika dirinya mendapatkan petunjuk di proyek saluran Manembo-nembo. "Petunjuk saya di Rehabilitasi Saluran Outlet Kelurahan Menembo-nembo," ungkapnya. Proyek ini sendiri berbandrol Rp 350 juta.

Sayangnya kontraktor Tommy Sampouw saat di hubungi di Nomor 08529851xxxx untuk dikonfirmasi enggan mengankat ponselnya.
Sementara itu, Ketua Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Kota Bitung Yanni Mantiri ketika mendengar kabar ini meminta jika kepala dinas, agar memberikan kesempatan kepada kontraktor lokal sebagai wujud pembinaan terhadap para kontraktor.  

 “Berikan juga kesempatan kepada para kontraktor lokal, jangan sampai semua poyek ini diambil oleh orang luar,” ungkapnya

Diapun menyadari jika dengan dipublikasinya  semua proyek di website maka siapapun bisa mengikuti proses ini. “Setidaknya ada pembinaan dari dinas PU untuk dapat bersaing,” katanya.
GMBI Sendiri berjanji akan mengawasi pelaksaan proyek-proyek ini. “Kami akan berusaha mengawasi proyek-proyek tersebut jangan sampai ada yang tidak selesai agar masyarakat tidak dirugikan,” ungkapnya.(wepe)



 Inilah sebagian proyek  SDA yang diduga hanya akan dibagikan ke orang Khusus.


Pembangunan SPAM Mata Air Terlindungi Kelurahan Duasudara (DAK)   1,7 M
Pengembangan SPAM Kelurahan Doorbolaang (DAK)                                 1,2 M
Pembangunan SPAM Kelurahan Karondoran (DAK)                                     2,3 M
Pembangunan Talud Pengaman DAS Girian                                                   1 M
Pembangunan Bronjong Pengaman DAS Girian Paket 1                                 749 Juta
Pembangunan Bronjong Pengaman DAS Girian Paket 2                                 749 Juta
Pembangunan Bronjong Pengaman DAS Girian Paket 3                                 500 Juta
Pembangunan Bronjong Pengaman DAS Girian Paket 4                                 500JT




Klik dibawah ini, untuk lihat Proses Tender
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment