Berita Terbaru

Monday, January 22, 2018

Selisih anggaran 5 M lebih proyek jembatan Kuwil dipertanyakan warga
by fadjrin haryanto - 0

Pembangunan jembatan Kuwil mulai dilaksanakan oleh pihak kontraktor.(foto:glen/smcom)



AIRMADIDI SMCOM--Pembangunan jembatan Kuwil sudah dianggarkan pemerintah pusat sebesar Rp25 miliar. 

Namun anggaran yang akan dikerjakan dimana sudah tertera di papan proyek hanya Rp19.067.131.000 sehingga terjadi selisih yang cukup besar.

Selisih Rp5 miliar lebih ini pun langsung menjadi pertanyaan masyarakat.

Menjawab pertanyaan masyarakat, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut, Petrus Macarua pun menyatakan jika proses penyusunan anggaran ini sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 "Anggaran itu sudah sesuai dimana sebelumnya oleh konsultan perencanaan sudah melakukan kajian dan didapat nilainya hanya Rp21 miliar. 

Namun dalam lelang ada kontraktor yang menawar sebesar itu atau Rp19 miliar sekian," jelas Macarua kepada wartawan Senin 22 Januari 2018.

Sisa selisih anggaran ini, kata Macarua,  tetap akan digunakan oleh BPBD Minut. Namun itu harus sepertujuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

"Anggaran sisa hampir Rp6 miliar itu akan tetap digunakan. Kami sudah menyurat ke BNPB meminta agar anggaran sisa atau selisih ini bisa digunakan untuk tanggap pasca bencana sesuai dengan proposal yang kami sampaikan lalu," jelas Macarua.

Proyek pembangunan jembatan Kuwil ini akan menghabiskan anggaran sebesar Rp19.067.131.000 oleh kontraktor atau pihak ketiga yakni PT Sumber Alam Sejahtera. 

Dipastikan pembangunan jembatan tersebut akan selesai pada bulan Juni 2018 mendatang. 

"Sementara terkait adanya pengumuman di papan proyek yang menyatakan jika anggaran tersebut dari APBD, itu tidak jadi masalah.

 Sebab dana pemerintah pusat tersebut masuk ke kas daerah dan disalurkan melalui APBD," tambah Macarua.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment