Berita Terbaru

Wednesday, January 31, 2018

Masuk Jalan Tol, 26 Waruga di Airmadidi Bawah Dipindahkan
by fadjrin haryanto - 0

Prosesi upacara adat Tounsea oleh para Tonaas saat akan memindahkan waruga.(foto: glen/smcom)




AIRMADIDI SMCOM--Sedikitnya 26 waruga atau makam leluhur warga Tounsea yang ada di 2 tempat di Kelurahan Airmadidi Bawah harus dipindahkan karena masuk dalam jalur jalan tol Manado-Bitung. Pemindahan waruga ini pun dilaksanakan Rabu 31 Januari 2018 melalui ritual upacara adat "I Tutul Sumaup" dan "Mera Waruga" oleh para tonaas-tonaas atau pemuka adat Tounsea.

Dalam upacara ini turut dihadiri oleh warga warga dengan pakaian khas adat Tounsea. Ke 26 waruga ini pun dipindahkan berdekatan dengan jembatan flyover yang menjadi bagian jalan tol.

Ketua Masyarakat Adat Pakasaan ne Tounsea (Mapatu), Stenly Lengkong mengatakan, ada 2 lokasi waruga yang akan dipindahkan. "Namun untuk saat ini baru 17 waruga di satu lokasi yang kami pindahkan. Sisanya 9 waruga di lokasi lain atau masih berdekatan dengan lokasi pertama, itu nanti akan kami pindahkan juga," jelasnya.

Dalam melakukan pemindahan waruga, dikatakan Lengkong, itu harus dilakukan secara adat. Ini guna menghormati leluhur-leluhur warga Tounsea. "Upacara atau ritual adat ini kami laksanakan dari malam hingga siang hari. Ini untuk meminta petunjuk dari leluhur kita dan juga guna menghormati mereka," tambahnya.

Sementara itu, Lurah Airmadidi Bawah, Simson Pran mengatakan, pemindahan waruga ini sudah dikoordinasikan dengan Balai Arkeologi dan juga Pemkab Minut melalui instansi terkait. "Lokasi waruga itu merupakan asal mulai kampung pertama di Airmadidi Bawah dan oleh warga meminta agar tidak dipindahkan jauh. Semuanya sudah dikoordinasikan dengan pemerintah terkait, baik Balai Arkeologi dan juga pemerintah daerah," tambahnya.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment