Berita Terbaru

Wednesday, January 31, 2018

KPU Minahasa Mulai Verifikasi Faktual 14 Parpol
by fadjrin haryanto - 0

Foto: ist



TONDANO, SMCOM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa melakukan tahapan Verifikasi calon Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2019.

Berdasarkan data yang ada, di daerah ini terdapat 16 Parpol yang telah terdaftar di KPU dan mulai hari ini, 31 januari hingga 1 februari tahapan tersebut bergulir.

Rabu (31/1) hari ini, KPU Minahasa mulai mengadakan perjalanan dinas dalam rangka verifikasi jumlah dan susunan kepengurusan, keterperhatikan 30% keterwakilan perempuan dan domisili sekertariat/kantor Parpol serta pengurus Parpol tingkat Kabupaten Minahasa calon peserta Pemilu 2019.

"Semua komisioner KPU di dampingi staf telah menjalankan tugasnya untuk memverifikasi keanggotaan dan kantor Parpol. Namun dari 16 Parpol belum semuanya di kunjungi.

Pasalnya, waktu untuk laksanakan tahapan tidak cukup. Olehnya, kami membaginya menjadi 2 hari. Kalau hari pertama ini 7 Parpol dan besoknya sisa 7 Parpol lagi, disamping 2 Parpol lain waktu lalu telah di verifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat masing-masing Pertai Perindo dan PSI,"ujar ketua KPU Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi.

Saat memverifikasi di kantor Sekertariat DPC PDIP Minahasa, menurut Tinangon bahwa untuk pendaftaran dan verifikasi calon dan pemilu 2109, semua Parpol harus melalui proses tahapan verifikasi sesuai aturan yang berlaku.

"Dari kepengurusan Parpol yang di verifikasi adalah KTP/KTA baik ketua sekertaris dan bendahara (KSB), kemudian keterwakilan perempuan dalam kepengurusan serta keabsahan domisili sekertariat/kantor yang digunakan hingga Pemilu 2019 dan kepengurusan Parpol yang dimasukan saat pendaftaran lalu sekitar 657 di ambil 5 % dari jumlah tersebut, jadi ada sekitar 33 sampel yang kami verifikasi,"tutur Tinangon.

Hal yang sama juga, dilakukan komisioner KPU lainnya untuk verifikasi faktual setiap Parpol di tempat lain.


"Ada 7 Parpol yang di verifikasi hari ini dan masing-masing komisioner telah melaksanakan tugas di tempat yang telah ditunjuk antara lain PDIP, Demokrat, Nasdem, PKP Indonesian, PPP, PBB dan PAN. 

Dari hasil verifikasi tersebut, ada Parpol yang telah memenuhi syarat dan belum. Namun jika belum, masih diberikan kesempatan untuk perbaikan,"pungkasnya.(win)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment