Berita Terbaru

Thursday, January 18, 2018

KPU Godok Jumlah Kursi DPRD Minahasa.
by fadjrin haryanto - 0

Tinangon : Usulan Perubahan 4 Dapil 
Tinggal Tunggu Tanggapan Masyarakat


foto: ist
 
TONDANO, SMCOM - Jumlah kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Minahasa akan mengalami perubahan. Pasalnya, dari rapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) hasilnya yang di dapat untuk perubahan Dapil, memang telah masuk dalam draft usulan.

Pemilih dalam hal ini warga masyarakat Minahasa sudah di hitung dalam rapat KPU dalam penyusunan dan penataan Dapil Pemilu DPRD Kabupaten Minahasa 2019 untuk legislatif.

"Draft usulan Dapil yang telah di diskusikan tadi sudah ada hasilnya, tinggal disampaikan ke publik, supaya masyarakat bisa memberikan tanggapan atau masukkan kepada kami," jelas Ketua KPU Minahasa  Meidy Yafet  Tinangon, SSI MSi kamis (18/1) usai rapat di kantornya.

Dalam draft usulan tersebut, menurut Timangon untuk masih sama dengan lalu. Artinya, Dapil tetap 4. Namun jumlah kursi di setiap Dapil ada perubahan.

"Dapil tetap tapi dari dimulai penghitungan ada perubahan alokasi kursi, diantaranya Dapil yang dulunya 9 naik jadi 10 kursi. Sementara Dapil 2 dan 3 tidak ada perubahan alias tetap masing-masing 7 kursi, kemudian Dapil 4 dari jumlah 12 di kurangi 1 menjadi 11,"tukasnya.

Perubahan itu dapatnya dari perhitungan berdasarkan bilangan pembagi jumlah penduduk. Memang masih bersifat draft usulan, oleh karenanya masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan.

"Tanggapan masyarakat ini dihelat pada bulan ini dari tanggal 19 hingga 25 januari, setelah itu bakal dilakukan forum untuk uji publik dari tanggal 26 sampai 28 Januari. Seleaao uji publik, kemudian kita akan lakukan Pleno penetapan. Dan hal itu akan di ajukan ke KPU Pusat melalui KPU Provinsi,"pungkas Tinangon.(win)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment