Berita Terbaru

Monday, January 22, 2018

KPU Buka Pendaftaran PPK dan PPS Untuk Pemilu 2019
by fadjrin haryanto - 0

ketua KPU Meydi Yafet Tinangon SSi MSi,




TONDANO, SMCOM- Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Minahasa membentuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2018 lalilu. 

Kali ini, mereka juga membuka pendaftaran PPK dan PPS kembali. Hanya saja berbeda, karena bakal bertugas untuk Pemilihan Umum 2019 untuk Presiden dan legislatif.

Menurut ketua KPU Meydi Yafet Tinangon SSi MSi, perekrutan anggota PPK dan PPS ini akan bertugas di Pemilu 2019 mendatang. 

Adapun syarat dan pendaftaran telah dibuka bulan januari ini, jadi masyarakat yang berminat bole memasukan berkasnya di KPU.

"Syarat pendaftaran bagi PPK dan PPS ini, mulai di buka dari 25 hingga 31 januari tahun 2018 dari pukul 08.00 sampai 16.00 wita dengan alamat kompleks stadion maesa Tondano.

Jadi syarat-syarat untuk terpilih jadi petugas tim penyelanggara, harus melalui tahapan seleksi baik berkas maupun lisan dan tulisan,"ujar Tinangon.

Adapun syarat yang dibutuhkan adalah harus WNI dan usia paling renda 17 tahun. Kemudian setia kepada pancasila sebagai dasar Negara, UUD RI 1945 dan cita-cita proklamasi 17-8-1945 serta mempunyai integritas, pribadi yang kuat jujur dan adil. 

Tidak menjadi anggota Parpol yang dinyatakan dengam surat pernyataan yang sah atau paling kurang dal waktu 5 tahun tidak lagi menjadi anggota Parpol yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus Parpol yang bersangkutan dan berdomisili diwilayah PPK dan PPS tersebut.

"kemudian syarat lain yang harus dimasukan adalah berpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat. 

Mampu secara jasmani rohani dan bebas dari penyalahgunaan Narkoba, tidak perna di pidana penjara atas putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang di ancam pidana penjara 5 tahun atau lebih,"ungkapnya.

"Masih menyangkut pidana, calon anggota tersebut tidak perna diberikan sanksi pemberhentian oleh KPU Kabupaten/kota atau DKPP dan belum perna menjabat 2 kali PPK dan PPS.


Jika ada kendala dalam syarat kami ini, baiknya menghubungi contact person KPU di nomor 08124419390 Sheila Warouw atau 081356000777 Jan CH Kumaunang dan calon memasukan dokumen pendaftaran sebanyak 5 rangkap, yang di jilid 1 rangkap asli dan 4 rangkap foto copy,"tutup Tinangon.(win)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment