Berita Terbaru

Monday, November 27, 2017

Program Desa Mandiri, Pertemuan Bupati Yasti, ditindaklanjuti
by yunita Cantik - 0

Ketua Komisi satu dan sejumlah Anggota Dekab menemui
Dirjen Kemendes Taufik Madjid
dua pekan lalu, (foto Ist).

Lolak20 ribu hektar adalah permintaan Kementrian Desa (Kemendes) PDT dan Transmigrasi RI, guna mendorong investasi di bidang pertanian, khususnya produksi tanam palawija Jagung di wilayah Kabupaten Bolaang mongondow (Bolmong). itu disampaikan Ketua Komisi I Dewan kabupaten (Dekab) Yusra Alhabsyi SE bahwa program yang akan didatangkan Bupati Bolmong Dra Yasti Soepredjo Mokoagow dari Pusat ini, dikhususkan untuk masyarakat mandiri sekaligus Badan usaha milik Desa (Bumdes). “Kementrian melalui pihak ketiga yang akan mensupport para petani jagung di wilayah Bolmong untuk membiayai mulai dari penanaman, pemeliharaan, panen sampai penjualan,” kata Yusra kemarin saat bersua di ruang kerja Wakil ketua Dekab Bolmong Kamran Muchtar.

Yusra juga menjelaskan jika program ini sudah mendapat kepastian dari Kemendes, saat pihaknya bersama sejumlah anggota Dewan melakukan kunjungan di Kemendes PDT dan Transmigrasi RI, dua pekan lalu. “Ini juga adalah bentuk tindaklanjut pertemuan antara Menteri Kemendes PDT dan Transmigrasi RI, Bapak Eko Putro Sandjojo dengan Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow bulan Oktober 2017 kemarin,” katanya.

Ketika lahan siap. lanjut Yusra, sesuai jadwal yang diminta pihak Kementrian melalui Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Bapak Taufik Madjid. Makapencanangan Program Desa Mandiri di Kabupaten Bolaang Mongondow akan dilakukan secepatnya. “Nama Program ini adalah Program Desa mandiri. Kemendes akan menyiapkan baik Bibit jagungnya, pupuk hingga alat produksi seperti mesin rontok. Sehingganya, Jika tidak ada halangan, rencananya bulan Januari 2018 mendatang pencanangan akan dilakukan langsung oleh Mentri Kemendes, PDT dan TransmigrasiRI, Bapak Eko P Sandjojo,” tukas Yusra menambahkan jika program ini, adalah yang pertama di Sulawesi utara dan harus bersyukur jika sudah didatangkan di Kabupaten Bolmong. "Di Sulut, Bolmong satu-satunya, waktu kami di Kemendes, ada dua bupati yang bukan dari sulut juga datang untuk program ini," tambahnya. (tr2).

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment