Berita Terbaru

Thursday, November 30, 2017

Jelang Natal, harga elpiji 3 Kg di Minut diatas HET
by yunita Cantik - 0

Harga jual tabung gas elpiji ukuran 3 Kg
di Minut semakin sulit didapat.(foto:ist)
AIRMADIDI SMCOM--Mendekati perayaan Natal yang tinggal sebulan, membuat warga di Minut mulai mengeluh akan ketersediaan bahan bakar elpiji ukuran 3 Kg. Pasalnya, selain sulit didapat dipasaran, harga jual pun yang harus dibayarkan masyarakat sangat jauh dari ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah yakni Rp18 ribu/tabung. "Kami sudah sangat sulit untuk mendapatkan tabung elpiji ukuran 3 Kg di agen. Kalau pun ada, kami harus membayar hingga Rp30 ribu ke pedagang pengecer," ujar salah satu warga Airmadidi Atas, David Lumingkewas kepada SwaraManado.com, Kamis (30/11).
Dirinya menduga, kelangkaan ini disebabkan adanya permainan di tingkat agen dengan pengecer maupun pelaku usaha yang tidak berhak menerima subsidi elpiji. "Ini yang harus menjadi perhatian pemerintah dan Pertamina agar dapat mengawasi agen elpiji dan UKM yang masih menggunakan elpiji ukuran 3 Kg," ungkapnya.
Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Minut, Drs Allan Mingkid mengatakan, terkait dengan keluhan warga ini, maka Pemkab Minut akan melakukan inspeksi mendadak ke setiap UKM yang ada di Minut. Sebab diduga masih banyak yang menggunakan subsidi elpiji. "Kan sudah ada Surat edaran Bupati Minut nomor 704/BMU/0111/2017 tentang penggunaan tabung gas elpiji. Dalam surat itu menyatakan jika yang berhak menggunakan elpiji 3 Kg hanya untuk masyarakat kurang mampu. Jadi UKM maupun rumah makan tidak boleh gunakan elpiji 3 Kg, tapi ukuran 5,5 Kg," jelasnya.
Dirinya menambahkan jika saat ini Pemkab Minut melalui Bagian Perekonomian sudah melakukan monotoring lapangan akan ketersediaan gas elpiji ini. Disisi lain, Pemkab Minut juga akan melakukan koordinasi dengan Pertamina akan ketersediaan stok elpiji sepanjang bulan Desember. "Kita akan upaya agar masyarakat mendapatkan bahan bakar gas ini untuk merayakan Natal. Jadi pengawasan dan sidak akan kami lakukan," katanya. (lee).
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment