Berita Terbaru

Tuesday, November 21, 2017

Disnaker Minut segera keluarkan surat edaran untuk perusahaan
by yunita Cantik - 0

Arnold Frederik
AIRMADIDI SMCOM--Jelang perayaan Natal yang tinggal sebulan. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa utara (Minut) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) akan mengeluarkan surat edaran yang akan disebarkan ke setiap perusahaan yang melakukan operasi perusahaanya di wilayah kabupaten Minut. Surat edaran ini terkait kewajiban perusahaan untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Disnaker Minut, Arnold Frederik kepada wartawan, Selasa (21/11) siang tadi. "Memang untuk saat ini belum ada surat edaran dari Kementerian Tenaga Kerja. Biasanya surat edaran itu akan keluar awal bulan Desember. Jika surat menteri ini keluar, maka itu akan kami teruskan ke setiap perusahaan yang ada di Minut," jelas Frederik.
Dikatakan Frederik, perusahaan yang ada di Minut dan terdaftar di Disnaker Minut kurang lebih 360 perusahaan. Semua perusahaan itu nantinya akan mendapatkan surat edaran terkait dengan pembayaran THR. "Pembayaran THR ini mengacu pada Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan sehingga wajib perusahaan membayar kewajiban kepada tenaga kerja," ungkap Frederik.
Dijelaskannya, pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, diberikan THR sebesar 1 bulan upah. Sedangkan pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan THR secara proporsional. "Ini artinya, pekerja yang telah memiliki masa kerja selama 1,3 tahun berhak mendapat THR sebesar 1 bulan gaji," tambah Frederik. (lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment