Berita Terbaru

Wednesday, September 6, 2017

Walikota GSVL Harap Kaeng Manado Makin dicintai semua orang
by fadjrin haryanto - 0

pose para peserta Fashion bersama Walikota Manado dan Ketua TP PKK (foto: ist)


MANADO, SMCOM - Pelaksanaan Fashion Festival yang merupakan salah satu rangkaian iven pariwisata Manado Fiesta 2017, digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Manado di atrium Mantos 2, jalan Piere Tendean Boulevard Manado, Rabu (6/9) sore hingga malam tadi. Peserta Manado Fashion yang terdiri dari beberapa kategori diantaranya anak dan remaja serta umum dan dewasa tampil begitu memukau.

uniknya, busana yang dikenakan para peserta lebih dominan bercorak Kaeng Manado yang merupakan motif khas Manado. Dengan penuh percaya diri para peserta memperagakan kepiawaian mereka untuk meyakinkan tiga juri dari berbagai profesi.


(foto: humaspemkotmanado

Tampil perdana kategori anak-anak dan remaja disusul kemudian kategori umum dan dewasa. Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentur SH MSi DEA dalam kesempatan itu, menjelaskan tentang arti dari filosofi motif yang terdapat pada Kaeng Manado.

 "Sebagai orang Manado, Kita perlu mengetahui filosofi yang terdapat dalam motif Kaeng Manado, yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kota Manado," tandas Walikota dua periode itu, usai memberikan pertanyaan kuiz seputar Kaeng Manado. 




Dimana, kata Walikota GSVL, dalam Kaeng Manado ada motif ikan Coelacanth, ikan purba yang hanya hidup di perairan Manado. Kemudian motif Tugu Lilin yang menggambarkan pengorbanan untuk menerangi orang banyak. 

Lalu simbol tempat ibadah yang menggambarkan tentang Kota Manado sebagai kota yang rukun, serta gambar coral dan biota laut yang menegaskan jika Kota Manado adalah kota dengan panorama bawah laut yang mempesona. 

"Motif Kaeng Manado ini yang kita tonjolkan dalam Fashion Festival dalam rangka Manado Fiesta tahun 2017. Mudah-mudahan festival ini mendorong semua orang Manado untuk mencintai Kaeng Manado sebagai kain khas Manado," tukas Walikota GSVL.




Kegiatan Manado Fashion diprakarsai Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado,dengan menghadirkan tiga juri yakni Terry Solang seorang designer profesional, Helena Opit akademisi sekaligus pemerhati mode dan Pinkan Matindas yang menjabat Sekretaris Dinas Pariwisata dari Pemkot Manado.

Ketua TP-PKK Kota Manado yang juga istri tercinta Walikota GSVL, Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA mengajak warga Manado untuk menggunakan Kaeng Manado dalam berbagai kegiatan sebagai ciri khas Kota Manado.

 "Lewat pelaksanaan Fashion ini, saya berharap selaku Ketua Tim Penggerak PKK, Kaeng Manado semakin dikenal dan akan banyak orang Manado yang memakai busana dari Kaeng Manado," pungkasnya. 






Keluar sebagai jawara pada kategori anak dan remaja yakni peserta dengan nomor peserta 20 atas nama Juliana Koleangan, kemudian pada kategori umum dan dewasa untuk pria dimenangkan peserta nomor 17 atas nama Brando Mamengko dan putri oleh peserta dengan nomor 9 atas nama Febiana Sukma. 

Dan untuk penyerahan hadiah atau piala, akan dilaksanakan saat penutupan Manado Fiesta Minggu 10 September nanti di Lokasi Taman Berkat Godbless Park Boulevard bersamaan dengan hajatan Thanksgiving atau Pengucapan semua umat beragama di Kota Manado.(***/efh)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment