Berita Terbaru

Wednesday, September 6, 2017

Sudah ada 2 korban jiwa dari kecelakaan perahu motor Sola Gratia
by fadjrin haryanto - 0

SALAH satu korban kapal tenggelam yang ditemukan sudah menjadi mayat.(foto: glen)


AIRMADIDI, SMCOM—Kecelakaan perahu motor Sola Gratia yang tengelam di perairan Sirei antara Pulau Lihaga dan Gangga Likupang Barat Kabupaten Minut dengan jumlah penumpang 13 orang, ternyata 2 diantaranya tewas tenggelam. 

Bahkan 1 korban yang tenggelam yakni Refly Tulung, baru ditemukan pada Rabu 6 September tidak jauh dari tempat kejadian sekitar pukul 06.00 Wita oleh Polisi Air (Polair), nelayan dan Basarnas Manado. Sementara satunya sudah ditemukan lebih dahulu pada Selasa 5 September kemarin.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Manado, Jefri Mewo mengatakan jika dalam pencarian korban tenggelam ini, telah diturunkan dua kapal dari angkatan laut, satu kapal dari Basarnas dan satu kapal dari Polair Bitung. 

“KN Singa Laut bersama kru, Polairud, dibantu Kapal Motor yang sengaja didatangkan dari Kota Bitung  bersama nelayan, semalam suntuk melakukan pencarian terhadap Refly.  Hasilnya, jam 6 pagi korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa,” jelasnya.

Terpisah, Camat Likupang Barat Cristo Palandi mengatakan, pencairan itu dilakukan oleh Polair dan nelayan. bahkan warga sekitar berpartisipasi mengumpulkan dana untuk membeli bahan bakar untuk pencairan jenasah.

Kapolsek Likupang Iptu Hendrik Rantung saat ditemui menjelaskan, penyebab kecelakaan laut ini belum bisa dipastikan karena masih dalam penyelidikan. 

“Penyebab tenggelamnya KM Solagratia ini masih dalam penyelidikan, 8 orang penumpang, Nakhoda dan 2 ABK dimintai keterangan sebagai saksi dalam laka laut ini. Sedangkan 2 korban meninggal dunia. Kedua jenasah diserahkan kepada keluarga dari Woloan,” terang Rantung.

Dugaan sementara penyebab tenggelamnya KM Solagratia ini akibat kelebihan muatan ditambah lagi dengan angin yang bertiup cukup kencang di sore itu. Kabar beredar rumah panggung yang menjadi muatan jumlahnya sekira 15 kubik. Hal ini mengakibatkan over capacity.(lee)

Adapun manifest KM Solagratia sebanyak 13 orang.
1.   Rendi Sidin (selamat)
2.   Yance Pontoan (selamat)
3.   Meikel Konyonyian (selamat)
4.   Joni Rauf (selamat)
5.   Fani Wetik (selamat)
6.   Dami Wengkang (selamat)
7.   Des Motulo (selamat)
8.   Joni Motulo (selamat)
9.   Didik Ngala (meninggal)
10. Refli Tulung (meninggal)

Orang KM Solagratia

1. Yosep Pantalo (Selamat)
2. Alfred Lahu (selamat)
3. Den Kuda (selamat)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment