Berita Terbaru

Thursday, September 14, 2017

Perwira berprestasi ini siap disiplinkan Polres Talaud
by fadjrin haryanto - 0

AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang kini jadi pejabat Kapolres Talaud yang baru.

MANADO, SMCOM—Mengemban tugas sebagai abdi negara dan aparat hukum tidaklah mudah untuk dilaksanakan. Berbagai tantangan menghadapi persoalan pun kerap menjadi hidangan pengabdian. Seperti pepatah mengungkapkan, manis jangan cepat ditelan dan pahit janganlah cepat dibuang. Hal inilah yang dialami, AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang SIK.

Perwira Menengah (Pamen) yang kini menjabat sebagai, Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Sulut, kini menerima manisnya dalam menjalankan tugas. Pasalnya, lulusan Akpol tahun 1998 ini dipercayakan pimpinan Polri sebagai Kapolres Talaud, melalui Surat Telegram Kapolri nomor: ST/2162/IX/2017, yang ditanda tangani Karo Binkar SDM Polri, Brigjen Pol Dr Eko Indra Heri S, MM.

Meski perjalanan 2 tahun tugas di Polda Sulut tergolong singkat, namun banyak prestasi yang ditorehkan. Awalnya, suami tercinta dari Ny Elwina ini mengabdikan diri di Polda Sumatera Barat (Sumbar) pada tahun 1999, pasca dirinya menyelesaikan pendidikan Akpol. Pelatih bela diri ini pun dipercayakan dalam beberapa jabatan strategis diantaranya sebagai Kasat Reskrim Polres 50 Kota dan Kasat Reskrim Polres Bukit Tinggi. Ia pun turut diangkat pimpinannya sebagai Kasat Lantas Polres Agam.

Waktu berjalan, penyegaran personil Polri kembali bergulir. Perwira yang memiliki satu anak ini dipindah tugaskan ke Polda Maluku selama 6 tahun, pasca dirinya menyelesaikan studi Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Selanjutnya, ketika pangkat Kompol dimilikinya, ia akhirnya dinyatakan lulus mengikuti Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen).

Disini jenjang karirnya kembali nampak. Di tahun 2015, ia bertugas di Polda Sulut dan menjabat Kabag Bin Ops Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus), hingga menjabat Kasubdit Regident Dit Lantas pada April 2017. 

Kini perwira yang akrab, senyum dan sapa kepada personilnya maupun awak media, dipercayakan menjabat Kapolres Talaud menggantikan AKBP Hendra Sukaca SSos. Tidak banyak yang diharapkan ketika menjalankan tugas kepemimpinannya di daerah kepulauan. Namun satu hal yang ditekankan adalah, kepercayaan yang diberikan harus dilakukan dengan benar disertai doa dan kerja keras.

“Harapan saya sebagai pimpinan wilayah, tentu harus menjalankan tugas dengan benar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Untuk personil harus disiplin. Jika anggota bekerja dengan baik sesuai prosedur, pasti akan mendapat reward sesuai dengan arah kebijakan pimpinan. Namun ingat, ada juga punishment,” ujar perwira yang kini sedang menyelesaikan studi di bidang Psikologi, Kamis (14/9) di ruang kerjanya.

Ia menambahkan, sebagai wilayah kepulauan yang berbatasan dengan Filipina, perlu dilakukan berbagai terobosan untuk menjaga situasi tetap kondusif. “Selain melakukan pengawasan dan pencegahan ancaman kejahatan di wilayah, saya nantinya akan membuat program pelatihan bela diri yang efektif bagi personil. Untuk langkah awal, ini dulu yang diterapkan. 

Ke depan profesionalitas anggota, disiplin serta sarana dan prasarana akan kita evaluasi. Sebab, saya tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada support dan doa. Semoga jabatan ini menjadi berkat bagi banyak orang khususnya di Kabupaten Talaud,” pungkasnya.

Diketahui, Kapolri menerbitkan 3 surat mutasi personil tertanggal 9 September 2017. Dalam Surat Telegram Kapolri nomor: ST/2162/IX/2017, sebanyak 3 jabatan kapolres jajaran Polda Sulut di rotasi. AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang SIK, diangkat sebagai Kapolres Talaud, AKBP Gani Fernando Siahaan SIK MH, Kasubdit I Tipikor Dit Reskrimsus Polda Sulut, diangkat sebagai Kapolres Bolmong, menggantikan AKBP Faisol Wahyudi SIK. 

Selanjutnya, AKBP Syamsubair SIK, Kapolres Minahasa, diangkat jabatan baru sebagai Wadir Reskrimsus Polda Kalbar, dan AKBP Christ Reinhard Pusung SIK, Kapolres Palu diangkat menjadi Kapolres Minahasa. Salah satu pejabat Polda Sulut, AKBP Jan WI Makatita SIK, Kasubdit II Dit Reskrimsus Polda Sulut, turut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Kepulauan Sula, Polda Malut.

Sementara Surat Telegram Kapolri nomor: ST/2158/IX/2017, turut dimutasikan Kabid Propam Polda Sulut, Kombes Pol Soni Priyohandoko SSos, sebagai Kabagstandar Rowabprof Divpropam Polri. Sementara itu AKBP Dheny Dariady SIK, Kabid Propam Polda DIY, mengisi jabatan Kabid Propam Polda Sulut.(obby)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment