Berita Terbaru

Tuesday, September 12, 2017

Ormas Mapatu pertanyakan perijinan galian C di Perumahan Agape Griya
by fadjrin haryanto - 0

Stenly Lengkong.
AIRMADIDI, SMCOM--Ijin pertambangan di lokasi Perumahan Agape Griya yang berada di bawah kaki Gunung Klabat, sampai saat ini telah meresahkan warga.
 
Bahkan keabsahan galian C ini pun ikut dipertanyakan oleh Ketua Masyarakat Adat Pakasaan Ne Tounsea (Mapatu), Stenly Lengkong.

Menurut Lengkong, persoalan ini jangan dibiarkan berlarut-larut karena nantinya akan berdampak pada masyarakat sekitar dan juga lingkungan yang ada di kawasan hutan lindung Gunung Klabat. 

Untuk itu diharapkan pemerintah daerah maupun Pemprov Sulut bisa menindaklanjuti hal yang menjadi keluhan warga. Sebab fungsi dari pemerintah adalah pengawasan. 

"Pemerintah harus turun mengawasi dan kami (LSM Mapatu,red) minta ada kajian kembali ijin galian C itu karena berada di kaki Gunung Klabat. Apalagi jika luasannya besar, itu harus ada Amdal serta UPL/UKL," ujar Lengkong kepada wartawan, Selasa 12 September.

Menurut Lengkong, jika memang galian C ini memiliki ijin yang lengkap, harusnya itu dipublikasikan kepada warga. Apalagi lokasi tersebut pernah di police line oleh Polda Sulut. "Kami akan kawal masalah galian C di perumahan itu hingga ke provinsi. Sebab ini berbicara soal lingkungan untuk anak cucu kita di Minut," tambahnya.(lee)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment