Berita Terbaru

Saturday, September 2, 2017

Manado menjawab tantangan Presiden Jokowi
by fadjrin haryanto - 0

Dirjen Otda (Kedua dari kiri) bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Steven Kandouw dan Walikota Manado GS. Vicky Lumentut memukul tetengkoren tanda iven Manado Fiesta 2017 resmi dibuka.(foto: fadjrin/sm)

MANADO, SMCOM - Acara pembukaan kegiatan Manado Fiesta 2017 yang dilaksanakan di kompleks Sindulang Mas jalan Boulevard II, Kelurahan Sindulang Dua, Kecamatan Tuminting, Sabtu (2/9) akhir pekan lalu, berlangsung meriah dan spektakuler. Jutaan pasang mata berhamburan untuk menyaksikan iven besar pertama kali digelar Kota Manado. Tampak hadir Kapolda Sulut, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen, unsur muspida Sulut dan Manado, para anggota Dekot Manado serta para pejabat di jajaran Pemkot Manado. Terlihat juga undangan dari luar negeri seperti dari Perancis, Eropa, Amerika dan Betlehem Palestina.


NAMPAK atraksi terjun payung dari para atlet terjun.(foto: fadjrin/sm)

   Iven ini dilaksanakan sebagai jawaban sekaligus menindaklanjuti kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pengembangan pariwisata di Indonesia.  Walikota Manado DR  GS Vicky Lumentut  mengatakan kegiatan Manado Fiesta ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti kebijakan Presiden  untuk pengembangan pariwisata di Indonesia. "Manado Fiesta 2017 kami laksanakan untuk menjawab tantangan Presiden dalam hal mengembangkan pariwisata Nasional. Selain itu kami ingin menyatakan bahwa Manado adalah kota yang rukun dan damai meski terdapat banyak perbedaan," tandas GSVL. Di kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE memuji langkah  Pemerintah Kota Manado dalam menggelar iven Manado Fiesta.


Dirjen Otda DR Soni Sumarsono yang mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat memberika sambutan pada pembukaan Manado Fiesta 2017

 "Ini langkah Cerdas yang dilakukan Walikota Manado dan jajarannya dalam membantu pengembangan pariwisata di Sulut," ujar Olly. Sementara itu, Dirjen Otda DR Soni Sumarsono yang mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah pusat sangat mengapresiasi iven Manado Fiesta yang dilaksanakan di Kota Manado. "Ini adalah kegiatan pariwisata yang spektakuler yang mampu mendatangkan banyak wisatawan ke Manado.  Manado Fiesta merupakan bagian dari Wonderfull indonesia. Pemerintah pusat memberi apresiasi yang sangat tinggi kepada pemerintah Kota Manado. Mari jo ka Manado," ujar mantan penjabat Gubernur Sulut ini.

Dirjen Otda DR Soni Sumarsono yang mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat memberika sambutan pada pembukaan Manado Fiesta 2017

 Diketahui, iven ini banyak melibatkan unsur dalam berbagai pengisi atraksi seperti kolaborasi seni budaya nusantara yang dipimpin oleh pakar musik Prof DR Perry Rumengan, kemudian atraksi 33 penerjun payung yang dikoordinir langsung oleh pasukan elit TNI AU. Selain itu, ada penampilan pagelaran Indonesia Tersenyum, pasukan berkuda yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito serta kreasi seni tarian senjata anggota Brimob Polda Sulut. Ada juga penampilan dari para parjurit teritorial Kodim 1309 dengan penampilan Kabasaran terbanyak sekira 150 tentara berpakaian Cakalele yang dipimpin Dandim 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh. Selain itu, ada parade yang bertajuk rumah kita bersama, dimana ditampilkannya bermacam agama, suku, etnis dan budaya yang ada di Kota Manado. Dan yang terakhir, parade kendaraan hias 53 jenis ikan dan biota laut yang terdapat di Taman Laut Bunaken. Selain itu, tampil pula 53 bendi hias terdiri dari Walikota Manado, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah Kota, pimpinan dan anggota DPRD Manado, Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA), Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Ketua Forum Kewaspadaan Dini Nasional (FKDN).

Wawali Kota Palu
Hibur Warga Manado

Pasha Ungu mantan Vokalis Group Band Ungu, atau Sigit Purnomo Said yang juga sebagai Wakil Walikota Walikota Palu berpasangan dengan Walikota Palu Drs Hidayat MSi, tampil mempesona dan menghibur warga Kota Manado, dalam malam Bakudapa Warga Palu serta pesta rakyat usai karnaval FisCo dalam rangkaian Manado Fiesta 2017, Sabtu (2/9) di Taman Berkat kawasan Boulevard Manado.
 


4 lagu yang dinyanyikan Wawali Pasha secara duet bersama Walikota Palu Drs Hidayat. Setelah 3 lagu bahasa daerah Kaili yang melukiskan kerinduan seorang anak rantau, kemudian dilanjutkan dengan lagu “Demi Waktu”. mengundang penonton jadi histeris. Para undangan dan penonton yang sebelumnya, duduk dengan sikap sopan, langsung berhamburan didepan panggung utama.
Dalam lagu penutup bahasa Manado “Polo Pakita Sayang”, Pasha Ungu, mengundang Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut dan Ketua Dewan Kota Manado Nortje Van Bone, naik keatas panggung.”Terima kasih warga Kota Manado telah menyambut rombongan kami dengan sangat baik. Kami berharap pak Walikota dan Wakil Walikota Manado juga akan datang ke Palu pada tanggal 22 September 2017 dalam rangka acara Festival Budaya Palu,”katanya.(efh)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment