Berita Terbaru

Tuesday, September 19, 2017

Lengkong: Petani harus manfaatkan produk turunan kelapa
by fadjrin haryanto - 0

Wakil Bupati Minut, Ir Joppi Lengkong.

AIRMADIDI,SMCOM--Kabupaten Minut merupakan daerah penghasil kelapa terbesar di Sulut. Namun sayangnya, sebagian besar petani hanya memanfaatkan kelapa ini sebagai penghasil kopra. 

Padahal, turunan kelapa pun bisa menghasilkan nilai ekonomis jika itu bisa dikembangkan oleh petani. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Minut, Ir Joppi Lengkong.

 "Sampai saat ini memang hanya kopra yang selalu diandalkan petani, sementara batok dan batang kelapa serta serabutnya tidak dimanfaatkan dengan baik," jelas Lengkong, Selasa 19 September 2017.
 
Diakui Lengkong, dalam mengolah pohon kelapa untuk menghasilkan produk bernilai tinggi, memang tidak bisa dikelola oleh petani karena membutuhkan investor yang memiliki peralatan yang lengkap. 

Untuk itu, Minut sendiri sudah dilirik oleh beberapa investor untuk pengembangan produk kelapa. "Salah satunya investor dari Cina yang datang beberapa waktu lalu dan telah melakukan peninjauan di beberapa lokasi di Minut," jelas Lengkong.

Produk turunan kelapa, katanya, akan mampu meningkatkan taraf kehidupan petani. "Jangan hanya mengandalkan kopra karena harganya sering tidak menentu, tapi manfaatkan turunan kelapa yang lain seperti membuat souvenir agar memiliki nilai jual tinggi," katanya.

Namun kendala yang ada sekarang, diakui Lengkong, jumlah populasi tanaman kelapa yang ada di Minut semakin berkurang. Sebab banyak petani mulai beralih ke tanaman lain yang bisa lebih cepat menghasilkan.

 "Petani juga jangan hanya mengharapkan bantuan bibit dari pemerintah. Sebab, petank bisa menghasilkan bibit sendiri dan memilih mana yang bermutu atau tidak," tambah Lengkong.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment