Berita Terbaru

Tuesday, August 29, 2017

Lagi, Polda Sulut kirim pasukan ke perbatasan
by fadjrin haryanto - 0

PASUKAN pengamanan perbatasan negara kembali dikirim Polda Sulut ke 4 pulau di Kabupaten Sangihe dan Talaud dalam Operasi Aman Nusa III, kemarin.(foto: hms/plda)


MANADO, SMCOM—Kontak senjata antara pasukan Pemerintah dengan pasukan pemberontak yang berafiliasi dengan ISIS, di Filipina Selatan khususnya Kota Marawi, hingga kini menjadi atensi serius pihak Polri untuk melakukan pengawasan dan pengamanan ekstra di wilayah Indonesia. Buktinya, Polda Sulut kembali mengirim pasukannya dalam Operasi Aman Nusa III, ke daerah perbatasan untuk menjaga dan mengantisipasi pemberontak masuk ke Indonesia.

 Pasalnya, hingga saat ini keamanan di kota tersebut belum sepenuhnya dinyatakan kondusif oleh Pemerintah setempat. Apel pemberangkatan pasukan ini dilaksanakan dihalaman Mapolda Sulut, dipimpin Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito, Senin (28/8) kemarin. Pasukan ini akan bertugas selama 3 bulan ke depan di 4 pulau perbatasan yaitu Pulau Marore dan Pulau Matutuang yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, serta Pulau Miangas dan Pulau Nanusa di wilayah Kabupaten Talaud, dimulai Selasa (29/8) hari ini.

“Rotasi ini dimaksudkan agar pasukan yang melaksanakan tugas operasi Aman nusa III tetap fresh dan tidak mengalami kejenuhan, sehingga tugas operasi pengamanan dapat terlaksana dengan baik,” ungkap Kapolda. Lebih lanjut Kapolda berharap personil yang diberangkatkan mampu bertindak secara arif, cepat, tepat serta tidak memihak, tidak arogan serta berpegang teguh pada ketentuan hukum yang berlaku. “Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan dapat mempertahankan situasi kamtibmas yang kondusif,” harapnya.

Operasi Aman Nusa III kali ini memasuki tahap kedua, yang melibatkan sebanyak 125 pasukan gabungan Brimob, Polair dan Intelejen, lengkap dengan peralatan dan persenjataan. Pasukan ini akan menggantikan 121 pasukan gabungan yang sebelumnya sudah bertugas selama 3 bulan di daerah perbatasan Indonesia-Philipina, mulai 27 Mei 2017 silam.

Selaku Pimpinan Polri di Sulawesi Utara, Kapolda Sulut menaruh harapan besar kepada personil yang diberangkatkan, agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan misi dan visi Polri untuk dapat memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman yang terbaik kepada masyarakat dalam setiap pelaksanaan tugasnya serta penindakan hukum bagi yang melanggar. Apel tersebut juga dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Sulut dan seluruh personil Mapolda Sulut.(oby)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment