Berita Terbaru

Tuesday, August 1, 2017

Harga jagung Minut diatas HET
by fadjrin haryanto - 0

ASISTEN II Pemkab Minut, Drs Allan Mingkid.

AIMARDIDI, SMCOM—Harga komoditas perkebunan berupa jagung di Minut dalam posisi sebulan terakhir ini mencapai Rp3.400 hingga Rp3.600 per kilogram ditingkat pengecer. Jumlah tersebut ternyata jauh diatas harga eceran tertinggi atau HET yang sudah dipatok pemerintah pusat yakni Rp2.850 per kilogram. 
“Ini menjadi angin segar buat petani jagung di Minut karena harganya jauh diatas HET yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.  Namun saya harap kiranya petani jangan dulu terlena dengan harga ini karena suatu saat pasti akan turun kembali,” ujar Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Minut, Drs Allan Mingkid, Selasa 1 Agustus 2017.

Dikatakan Mingkid, bisa turunnya harga jagung disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni dengan akan datangnya perubahan musim hujan ke musim panas sehingga akan mempengaruhi kualitas dan juga pasokan jagung yang ditanam petani. “Meski demikian, dengan adanya HET ini, petani tetap diuntungkan,” jelas Mingkid.

Dijelaskan Mingkid, saat ini Pemkab Minut tengah berupaya mencapai target penanaman jagung 50 ribu hektar. Menurut Mingkid, target tersebut sebenarnya sudah dipenuhi dengan melihat jumlah lahan baru yang terus bertambah akibat banyaknya permintaan. “Sebenarnya target 50 ribu hektar jagung itu sudah tercapai jika dilihat dalam setahun ada 3 kali musim tanam.

 Kami dari pemerintah akan terus mengembangkan komoditas jagung ini mengingat permintaan dari pihak pembeli sudah semakin bertambah. Bahkan bantuan alat untuk penanaman dan panen jagung sudah diberikan kepada kelompok tani di 10 kecamatan di Minut,” tambah Mingkid.(lee)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment