Berita Terbaru

Friday, August 4, 2017

3 spesialis curanmor ini akui lebih dari 30 TKP di 4 daerah
by fadjrin haryanto - 0

 PELAKU saat dibawa ke Mapolda Sulut dan diinterogasi oleh Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo, didampingi Kasubdit Jatanras AKBP Yandri Makaminang.(foto: oby/sk)

MANADO, SMCOM—Upaya penangkapan yang dihasilkan Tim Manguni Polda Sulut atas kelompok pencurian kendaraan bermotor (curanmor) puluhan TKP di wilayah Sulut, dengan tiga tersangka masing-masing JM alias Jerry (30), warga Kalasey, MR alias Maikel (25), warga Mapanget dan NL alias Novan (27), warga Mapanget, akhirnya memiliki perkembangan. Pasalnya, tersangka mengaku bahwa aksi yang mereka lakukan lebih dari 30 TKP dengan hasil curian berbagai jenis kendaraan.

Hal itu terkuak, ketika Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Ibrahim Tompo, melakukan interogasi kepada salah satu tersangka usai menggelar jumpa pers di Mapolda Sulut, Jumat (4/8) kemarin. “Sudah berapa kali kamu (tersangka, red) mencuri?. Ada berapa TKP?,” tanya Tompo. “Hanya sekitar 15 lokasi pak,” jawab tersangka Jerry.

Merasa curiga dengan pengakuan tersangka, juru bicara Polda Sulut yang didampingi Kasubit Jatanras, AKBP Yandri Makaminang, kembali melontarkan pertanyaan. “Kalau hanya 15 TKP, kenapa rekanmu yang lain menjawab berbeda. Lebih baik akui saja kejahatan kalian, supaya hukumannya jalan sekali. Kalau tidak, kalian pasti akan merasakan bagaimana menjalani hukumannya. Kasihan juga kan keluarga kalian, lebih baik dari pengembangan kasus ini, ngaku saja,” tegasnya. “Yang saya ingat pak, sekitar 30 lokasi. Saya lupa lainnya,” aku tersangka Jerry.


Nampak puluhan babuk sepeda motor hasil curian berhasil diamankan.(foto: oby/sk)
 Tompo mengatakan, para pelaku ini memiliki banyak laporan polisi. Mereka diamankan berdasarkan laporan dari masyarakat, yang telah resah dengan ulah tiga pelaku tersebut.“Ada beberapa TKP yang lain yang belum terungkap dan kita masih berusaha melakukan pengembangan. Saat ini pelaku yang ditangkap sudah diserahkan ke Polresta Manado, untuk selanjutnya menjalani pemeriksaan guna proses hukum lebih lanjut,” tandasnya.

Sementara itu, Makaminang mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah mengamankan 15 barang bukti sepeda motor yang didapat dari hasil pengembangan Resmob Manguni. Menurutnya, hasil interogasi selama 2 hari lokasi pencurian terletak di wilayah Minut, Minahasa, Tomohon dan Manado dengan jumlah 15 TKP. “Aksi para pelaku dilakukan sekitar bulan Mei hingga Agustus dengan modus menggunakan kunci T. Dengan waktu yang singkat, para pelaku berhasil mencuri puluhan sepeda motor,” jelasnya.

Dari data sementara di Polda Sulut, ada sebanyak 49 barang bukti sepeda motor hasil curanmor yang berhasil diamankan. “Kita berharap kepada masyarakat, apabila ada yang merasa kehilangan agar segera dicek ke Polda atau ke Polresta Manado. Apabila memang itu kendaraannya, identifikasi jelas kepemilikannya, diurus pengambilannya setelah dilakukan sidang nanti,” imbau Tompo.

Ketiga pelaku ini ditangkap Tim Manguni Polda Sulut di 2 lokasi berbeda. JM ditangkap di depan Hotel Quality Jalan Piere Tendean Manado, sedangkan dua tersangka lainnya ditangkap di Perum Griya Paniki Manado, Kamis (3/8) lalu. Dalam penangkapan tersebut, kaki tiga pelaku terpaksa dilumpuhkan, karena mencoba melawan petugas. Pelaku Jerry ditembak di kaki sebelah kanan, sedangkan pelaku Maikel dan Novan di tembak di kaki kiri.(oby)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment