Berita Terbaru

Tuesday, July 11, 2017

Zonasi penerimaan siswa baru di Bitung disoalkan
by fadjrin haryanto - 0

 Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung, Julius Ondang.


BITUNG, SMCOM—Zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah kota Bitung lewat Dinas Pendidikan, rupanya dikangkangi oleh beberapa pihak sekolah. Hal ini dikeluhkan oleh warga kota Bitung kepada wartawan karena anaknya yang hanya berjarak 700 meter dari SMP Negeri 1 Bitung tidak diterima oleh pihak sekolah. “Kami tinggal di Kelurahan Girian Atas, namun pihak sekolah tidak mau menerima anak kami. Entah kenapa tidak diterima, padahal semua ketentuan sudah kami lakukan,” ungkap Iwan Rasid warga Girian.

Tak hanya itu, warga Girian Bawah pun mengeluhkan hal yang sama. “Kami tinggal di Girian Bawah dan jaraknya dengan sekolah hanya 1 Kilometer, namun anak saya tak diterima, sementara anak yang jaraknya jauh semisal Manembo-nembo diterima oleh pihak SMP Negeri 1 Bitung,” kecewanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung, Julius Ondang saat dikonfirmasi mengatakan jika pihaknya akan mengklarifikasi ini dengan pihak sekolah. “Manembo-nembo itu adalah daerah penyangga harusnya yang menjadi prioritas adalah anak-anak di sekitar sekolah. Intinya nanti setelah anak-anak sekitar sekolah dengan jarak 700 meter terakomodir, barulah ditambah besar zonasi sampai 1 Kilometer. Jika kuota masih ada, ditambah lagi dengan memperbesar zonasi,” jelas Ondang.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Bitung, Rextutita Ramoh saat dikonfirmasi mengatakan jika pihaknya sudah berdasarkan Zonasi dalam penerimaan murid baru. “Memang ada siswa baru yang tinggal di Girian Atas bersama omanya, namun dalam Kartu Keluarga yang dimasukan orang tua kepada kami tercantum anak tinggal di Sagerat,” jelasnya. 

Tak hanya itu saja, dari pendataan pihak sekolah ada sekitar 570 siswa yang mendaftar di sekolahnya yang berasal dari Girian Atas, Girian Weru dan Girian Bawah dan Manembo-nembo. “Banyak yang mendaftar, namun kuota penerimaan murid baru yang ada di sekolah kami hanyalah 452 siswa,” jelasnya.(wepe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment