Berita Terbaru

Friday, July 14, 2017

Walikota GSVL: Terima Kasih Warga Kota Manado
by fadjrin haryanto - 0

WALIKOTA GSVL saat menjadi inspektur upacara HUT Kota Manado 394.(foto: fadjrin)


TIKALA, SMCOM — Memperingati perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Manado yang ke-394. Pemerintah Kota Manado bersama jajaran dan para undangan melaksanakan upacara bendera, bertempat di lapangan Sparta Tikala, Jumat (14/7). Upacara dipimpin oleh Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL), selaku inspektur upacara, juga dihadiri oleh Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan para undangan yang terdiri dari unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Manado, para anggota DPRD Kota Manado, TP-PKK Kota Manado, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. 


WALIKOTA dan Wakil Walikota saat penyerahan tanda penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Manado. Termasuk memberikan piala kepada para pemenang lomba yang dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Manado.(foto: fadjrin)

Walikota GSVL dalam sambutannya mengatakan Kota Manado saat ini sudah sangat pesat peningkatannya. Baik dari sisi pembangunan infrastruktur, sumberdaya, ikatan toleransi antar umat beragama semakin erat, dan beberapa peningkatan lain. “Kota Manado dengan memasuki usia ke-394 sudah sangat banyak perkembangan yang bisa kita rasakan. Buktinya, banyak pembangunan infrastruktur, peningkatan sumberdaya pariwisata semakin memuncak dengan berbondong-bondong para turis mengunjungi Kota Manado, dan perlahan Kota Manado mulai disegani internasional, baik dari sisi wisatanya maupun spot olaraganya. Dimana, semua itu bisa tercapai karena ada usaha bersama antara Pemerintah dan masyarakat untuk memiliki tekad membangun Kota Manado. Terlebih khusus, toleransi antar umat beragama semakin erat, dan tidak mudah pecah meski ‘digoyang’ isu tidak sedap,” ujar Walikota GSVL.
WALIKOTA GSVL saat launching group marching band ‘Anoa’ Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Manado.(foto: fadjrin)
 
Sambungnya, keikutsertaan masyarakat dalam menjaga dan membangun Kota Manado jelas sangat berdampak. Sebab itu, diucapkan banyak terima kasih kepada warga Kota Manado karena kecintaannya untuk menjaga agar Kota tetap aman dan nyaman. Diketahui, usai pelaksanaan upacara tersebut langsung dilanjutkan dengan launching group marching band ‘Anoa’ Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Manado. Serta penyerahan tanda penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Manado. Termasuk memberikan piala kepada para pemenang lomba yang dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Manado.


(foto: fadjrin)


SIDANG PARIPURNA 

Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Manado dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 394 Kota Manado yang dipimpin ketua DPR Manado Nortje Van Bone dihadiri ribuan orang. Termasuk Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Uskup Manado Mgr. Rolly Untu, MSC yang memimpin doa buka, dan Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Pdt HWB Sumakul yang memimpin doa umum.

Lumentut mengucapkan selamat kepada uskup Rolly atas tahbisan uskupnya. Ia lalu mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey atas Manado yang menjadi tuan rumah harganas.
"Kami juga berterima kasih kepada gubernur yang membantu melobi sampai menteri kemaritiman yang membuat Bunaken akan dikelola Kota Manado. Juga membantu kami mengatasi kemacetan Kota Manado dengan jalan Mapanget yang pararel dengan jalan Politeknik tembus monumen Adipura yang lebarnya Ia mengucapkan selamat ulang tahun bagi masyarakat Kota Manado. Ia ingin semua memiliki cara baru menjadikan Manado rumah terbaik, rumah kita bersama. "Kita harus menjawab tantangan, merumuskan kota Manado cerdas. Dalam setahun kota cerdas, sudah dibangun command center 27 Februari 2017 yang menyediakan tujuh aplikasi elektronik dan dua layanan berbasis komunikasi," katanya.
(foto: boys)
 
Ia ingin dengan maksimal semua pemerintah Kota Mnado menjawab kebutuhan publik. Harus ada efektivitas dan efesiensi. "Pembayaran pajak dan retribusi sudah on line. Sudah cepat walau belum hitungan jam," ujarnya. Di discapilduk, juga sudah disediakan satu mobil KTP Keliling. Pembuatan surat-surat, kini sudah bisa menghemat tiga hari. "PU juga sudah melaunching Apace (urusan PU dan perumahan rakyat), I-Puskesmas, dan I-Katalog (perpustakaan). Untuk kesehatan para lansia, sudah diberikan bantuan untuk 29.432 warga lansia," katanya.

Dana duka pada tahun 2016 sudah diberikan kepada 3684 keluarga. Jumlah sekitar Rp 10 Miliar. "Tahun 2017 triwulan pertama sudah 940 keluarga warga Manado yang diberikan dana duka. Tiap hari rata-rata sepuluh orang meninnggal dan dari sepuluh kecamatan Bunaken Kepulauan yang warganya banyak umur panjang," katanya. Sudah juga katanya diberikan beasiswa prestasi. Sementara UC diintegrasikan ke jaminan kesehatan nasional dan membantu 121.161 jiwa pada tahun 2016," ujarnya. PBL Mapalus juga sudah diberikan Rp 23,6 miliar. Juga sudah diadakan penghijauan, penataan ruang, dan fasilitas olahraga.

"Tahun 2017 ada peningkatan sarana prasana fitnes out door, pacuan kuda paniki, dan Youth center. Semua akan terus dikembangkan," katanya. Ia juga memberi apresiasi kepada Jeremy Lumentut yang menjadi paskibraka di Istana negara. Semoga keberhasilan ini katanya menginspirasi. "Prestasi yang membanggakan juga dari karang taruna. Mewakili Manado ditingkat nasional pejuang pilar-pilar sosial Ferly Yesaya Kokom untuk Indonesia bangkit dari Ranotana Weru, Veki wangka Juara 1 tenaga sosial dari Malalayang, dan Darius Saptali dari Tumumpa," ujarnya. Dengan upaya dan kerja kerja keras telah dicapai PAD mencapai target. Kondisi Makro Pertumbuhan ekonomi 6,39 menjadi 7,19 di tahun 2016. "Inflasi turun dari 5,5 jadi 0,3 persen. Angka kemiskinan juga turun," katanya. Ia juga mengatakan soal turunnya opini dari BPK. Ia bertekad merubah. Ia juga memperkenalkan soal Manado Fiesta. Ada 53 biota laut dalam parade sesuai angkah ultah HUT Propinsi. "Juga ada thanksgiving. Diikuti semua golongan agama," katanya. Gubernur Olly meminta semua tidak berpuasa diri. Ada pembangunan kota baru, rumah sakit, kantor pemko baru akan menunjang pengurangan kemacetan."Harus kerja keras. Untuk mendukung nawacita," katanya.(efh)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment