Berita Terbaru

Wednesday, July 19, 2017

Akta Tanah Gratis, Walikota ringankan beban warga
by yunita Cantik - 0

Walikota saat pimpin rapat dengan
Seluruh Sangadi/Lurah se-Kecamatan kotamobagu Barat
di Kantor Kelurahan Molinow, Rabu Siang tadi
Kotamobagu—Ringankan beban masyarakat Kota Kotamobagu mendapatkan Akta tanah. Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara mengaku telah melakukan komunikasi dengan pihak Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) belum lama ini. “Kita bersyukur karena tahun ini, Kotamobagu mendapat bagian 10.000 akta tanah bagi masyarakat. dan itu tidak dibatasi, semuanya bisa mengajukan pembuatan akta tanah melalui Pemerintah desa/kelurahan setempat,” ujar Walikota, Rabu (19/7) siang tadi usai menghadiri Acara Halal Bi Halal dengan Masyarakat se-Kecamatan Kotamobagu Barat, yang digelar di lapangan olahraga Kelurahan Molinow.
Dari pihak BPN lanjut Walikota, tidak membebankan anggaran sepeser pun kepada masyarakat. Namun, untuk biaya pengukuran lahan dan pagar akan disiapkan oleh masyarakat sendiri. “Tidak ada biaya apapun untuk akta tanah dari BPN, karena ini adalah program pemerintah yang dibiayai melalui Dana Pusat. Namun untuk biaya pengukuran dan pagar lahan masih perlu ditanggung warga,” ujarnya.
Jika 10.000 akta tanah bisa dicapai hingga bulan Desember tahun ini, kata walikota, Maka tahun 2018 mendatang, Pemkot akan mendapatkan lagi jatah seperti program sertifikasi tanah melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) 2017 ini. “Jika ini berjalan baik, kedepan kita akan jatah sebanyak 30.000 pembuatan akta tanah,” katanya. 
Dari Program pemerintah pusat ini, Walikota berharap adanya peningkatan Pendapat Asli Daerah (PAD) melalui Pajak dari masyarakat. “Karena dari data yang ada, baru sekira 30 persen masyarakat yang memiliki akta tanah. Sehingga untuk mempermudah proses, Masyarakat tinggal menyerahkan tanahnya untuk diukur oleh petugas yang ada di masing-masing desa/Kelurahan,” harapnya. (yede).

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment