Berita Terbaru

Thursday, June 1, 2017

Plt Sekkot Manado pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila
by fadjrin haryanto - 0

(foto: ist)


MANADO,SMCOM-Plt Sekdakot Manado,Hi Rum Usulu bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan hari lahirnya Pancasila yang berlangsung di lapangan Sparta Tikala, Kamis (1/6). Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia,H Joko Widodo,yang di bacakan dalam arahan Inspektur Upacara,dimana Pancasila yang merupakan dasar Negara masih ampuh untuk dijadikan perekat bangsa Indonesia,karena hingga saat ini Pancasila terus di hantam oleh berbagai isu yang ada.

(foto: ist)

“Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini kita dapat berkumpul menyelenggarakan upacara peringatan hari lahir Pancasila untuk pertama kalinya. Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Dj Usulu.
Lanjut Hi Rum Usulu,Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan lr Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

(foto: ist)

 “Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman” tukasnya. Di tambahkan Plt Sekdakot Manado,kehidupan berbangsa dan bernegara sedang mengalami tantangan termasuk kebhinekaan sedang diuji.

(foto: ist)

 “Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong,” tandas Presiden Joko Widodo, seperti dikutip Sekda Usulu. Presiden meminta seluruh rakyat Indonesia untuk waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 ini mengangkat tema “Saya lndonesia, Saya Pancasila”.

(foto: ist)

Selain Sekda Hi Rum Usulu yang mewakili Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA,ikut juga para undangan diantaranya Dandim 1309 Manado,perwakilan dari Kejaksaan Negeri Manado,perwakilan kapolresta manado,tokoh agama,tokoh masyarakat,dan tokoh pemuda.(lipsus/*)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment