Berita Terbaru

Monday, May 29, 2017

Penerimaan terpadu Polri 2017 diperketat
by fadjrin haryanto - 0


PESERTA seleksi penerimaan terpadu anggota Polri menjalani tes sistem CAT,
yang diawasi oleh pengawas internal dan eksternal.(foto: hms/plda)


MANADO,SMCOM—Polda Sulut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional dan Universitas De La Salle menggelar ujian akademik penerimaan terpadu anggota Polri tahun 2017. Kegiatan ini merupakan rangkaian seleksi penerimaan terpadu anggota Polri yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Ujian yang dipusatkan di Kampus Unika De la Salle, Kombos Manado, dimulai tanggal 26-29 Mei 2017 yang diawali dengan ujian Calon Taruna (Catar) Akpol, selanjutnya Calon Siswa (Casis) Bintara dan Casis Tamtama. Ujian digelar di Kampus De La Salle, karena kampus tersebut menyediakan fasilitas tes berupa computer dengan system CAT (Computer Assisted Test).

Dijelaskan Dekan Fakultas Teknik De La Salle, Debby Paseru ST MMSI MEd, peserta melakukan tes akademik langsung melalui komputer. “Jadi soal yang kami peroleh langsung dari Dinas Diknas, kemudian kami input ke server kami, dan dari server menyebar ke jaringan masing-masing komputer para peserta,” jelasnya. Ditambahkannya, setiap peserta akan memiliki soal yang berbeda-beda, karena soal-soal diacak oleh komputer. “Jadi potensi kecurangan maupun menyontek tidak ada. Begitu peserta selesai mengisi jawaban, nilainya langsung keluar. System CAT ini sangat mendukung sekali prinsip penerimaan Polri yang transparan,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Tim Ujian Akademik, Kombes Pol Sambodo menjelaskan, bahwa Polda Sulut sudah menjalin kerja sama dengan Universitas Katolik De La Salle sejak tahun 2014. Menurutnya, untuk system CAT ini baru diterapkan 3 tahun terakhir. Pada Jumat (26/5) lalu, sebanyak 20 orang Catar mengikuti tes akademik, yang diawasi oleh pengawas internal dan eksternal.

“Kalian disiapkan untuk menjadi pimpinan Polri, makanya harus dipersiapkan dari sekarang, usahakan menjadi yang terbaik. Berdoa dan berusaha, kalau memang rejekimu, takdirmu menjadi taruna akpol, ya jadi,” ungkap Sambodo yang juga menjabat Kepala Biro (Karo) Perencanaan dan Anggaran (Rena) Polda Sulut itu. Sebelum pelaksanaan tes, seluruh peserta yang hadir termasuk panitia melaksanakan doa bersama bagi 3 anggota Polda Metro Jaya yang gugur, saat melaksanakan tugas di Kampung Melayu Jakarta pada 24 Mei 2017 lalu.(rob)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment