Berita Terbaru

Tuesday, May 2, 2017

May Day, Bolmong Bebas Demo Buruh
by fadjrin haryanto - 0


Peringatan Hari Buruh.(foto: ist)



LOLAK, SMCOM—Peringatan May Day di Bolaang Mongondow (Bolmong) sepi dari aksi protes pekerja. Peringatan Hari Buruh sedunia yang jatuh pada, Senin (1/5) kemarin, tidak ada unjuk rasa yang dilakukan para buruh. Menurut Kepala  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bolmong Derek Panambunan, sebelum peringatan May Day, pihaknya membuat kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan serta membuat posko koordinasi May Day. “Posko ini ada dua yakni di Kantor Disnakertrans Bolmong dan satunya lagi mobile di wilayah-wilayah di Bolmong,” kata Derek, Senin (1/5) kemarin.

Di Bolmong sendiri saat ini terdapat 2.000 lebih buruh yang bekerja di 148 perusahaan baik skala kecil, sedang dan menengah. Menurutnya, tidak adanya unjuk rasa buruh di Bolmong menandakan komunikasi antara tenaga kerja dan perusahaan selama ini berlangsung baik. Semaksimal mungkin, pihaknya langsung menindaklanjuti perselisihan antara pekerja dan pemberi kerja atau perusahaan. 

“Kita upayakan setiap ada masalah langsung tuntas. Jika ada hak yang tidak dipenuhi perusahaan, pekerja atau serikat pekerja langsung datang ke kantor dan dan kita langsung mengundang perusahaan langsung menyelesaikan permasalahan,” ujarnya.

Dengan begitu katanya tidak ada tunggakan masalah. “Tindakan seperti ini terus menerus kita lakukan. Dengan begitu tidak ada hal mencuat yang merugikan pekerja,” katanya.

Katanya, posko pelaporan yang diperuntukkan bagi pekerja terus diintersifkan pihaknya. “Posko pengaduan tetap kita buka. Kita maksimalkan posko tersebut agar ketika terjadi perselisihan para pekerja bisa langsung datang ke Kantor Disnaker dan kita akan menindaklanjuti laporan mereka,” ujarnya.

Selain itu, pengawasan tenaga kerja dan perusahaan rutin dilakukan. “Kita bersyukur sampai sekarang kita berhasil menindaklanjuti perselisihan antara pekerja dan pemberi kerja. Pembina kepada pemberi kerja juga terus kita lakukan. Sehingga, komunikasi antara intansi terkait, tenaga kerja dan perusahaan berjalan baik,” katanya.(yyn)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment