Berita Terbaru

Tuesday, May 2, 2017

Legislator dorong Pemkot gunakan e-Budgeting
by fadjrin haryanto - 0


Syarifudin Saafa


TIKALA, SMCOM—Anggota Dekot Manado, Syarifudin Saafa mendorong agar Pemkot Manado kedepan menggunakan e-Budgeting dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

E-budgeting merupakan sebuah sistem keuangan yang disimpan secara online dengan tujuan transparansi bagi setiap pihak. Sistem ini diterapkan sebagai dokumentasi penyusunan anggaran di sebuah daerah. Setiap orang bisa mengakses data-data anggaran yang disusun oleh sebuah pemerintah daerah sehingga diharapkan bisa mencegah upaya penggelapan dana atau kecurangan dari birokrasi setempat.

Menurut Saafa, e-budgeting telah dipraktekkan di beberapa daerah. Dampaknya bagus untuk perwujudan pengelolaan pemerintahan yang bersih. “E-budgeting merupakan sistem penyusunan APBD berbasis elektronik, dimulai dari rembug warga di kelurahan. Dengan e-budgeting dalam penyusunan APBD maka tak akan ditemukan lagi adanya anggaran di APBD yang tidak dibahas bersama DPRD,” kata Saafa.

Ditambahkannya, sistem e-budgeting mempunyai beberapa keunggulan. “Tentu yang paling penting mencegah tindakan korupsi, keterbukaan data informasi keuangan kepada masyarakat, serta pendataan keuangan pun bisa berlangsung secara efisien dan efektif,” tandas personil Komisi A tersebut.(rid)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment