Berita Terbaru

Monday, May 29, 2017

GSVL: Pasar Bersehati bakal jadi pasar tradisional yang nyaman
by fadjrin haryanto - 0

WALIKOTA Manado GSVL bersama dirut PD Pasar Alfrets Ferry Keintjem , saat menghadiri penyerahan
hanggar Pasar Bersehati melalui Disperindag Manado ke PD Pasar Manado.(foto: humas/pemkotmanado)  

WENANG,SMCOM—Kenyamanan untuk masyarakat Manado, khususnya bagi para pembeli dan pedagang menjadi perhatian serius Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL).  Dimana peningkatan fasilitas di Pasar Bersehati Manado Kelurahan Calaca Kecamatan Wenang, terus dilakukan. Hal ini  bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli dalam melakukan transaksi belanja. Hal itu dibuktikan dengan selesainya pembangunan hanggar yang terletak di belakang pasar tertua di Manado itu. Walikota GSVL dalam sangat menyambut baik penyerahan hanggar dari Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Disperindag kepada Perusahaan Daerah (PD) Pasar Manado.  Menurut GSVL, dengan dibangunnya hanggar dengan semua fasilitas dalam pasar, akan menjadikan Pasar Bersehati sebagai pasar tradisional yang nyaman. “Saya berharap hanggar ini dimanfaatkan sebaik mungkin, serta dijaga dan dipelihara. 

Karena, hanggar ini dibangun pemerintah, tentunya untuk kenyamanan semua yang ada di pasar, baik pedagang maupun masyarakat sebagai pembeli. Mudah-mudahan dengan adanya hanggar ini, aktifitas jual beli di Pasar Bersehati berjalan lancar. Terima kasih saya kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta PD Pasar Manado silahkan digunakan untuk kepentingan masyarakat,” tutur Walikota GSVL. Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL kembali mengingatkan tentang rencana Pemkot Manado membangun terminal Pasar Bersehati di Kali Mas. Pembangunan terminal ini akan dilakukan pada semua pasar tradisional di Kota Manado. Seperti pembangunan terminal Pasar Bahu yang nantinya dipindahkan di kawasan Kayu Bulan Malalayang, terminal Pasar Tuminting dipindahkan ke Kelurahan Pandu, Pasar Pinasungkulan dan Pasar Paal Dua.

“Kedepan, alur angkutan kota akan kita buat dari terminal ke terminal. Dan semuanya mengarah ke terminal Pasar Bersehati yang akan dibangun di Kali Mas. Karena, ada dua pasar yang akan kita pindahkan dan segera dibangun yaitu Pasar Bahu yang dipindahkan ke Kayu Bulan serta Pasar Tuminting yang akan dipindahkan ke Pandu,” tandas Walikota GSVL, belum lama ini. Walikota GSVL menjelaskan, jumlah lapak yang dibangun untuk ditempati pedagang Pasar Bersehati sebanyak 72 lapak. Selain itu, diserahkan pula lampu dan peralatan lainnya. 

Sehingga, diharapkan fasilitas yang dibangun itu bisa mendukung terciptanya pasar yang lebih baik dalam mendukung program pembangunan di Kota Manado. Sementara, Direktur Utama PD Pasar Ferry Keintjem berjanji untuk memanfaatkan hanggar Pasar Bersehati sesuai peruntukannya. “Terima kasih kepada pemerintah Kota Manado untuk pembangunan hanggar ini, dan kami akan memanfaatkan hanggar ini untuk kepentingan bersama dalam rangka memperlancar aktifitas jual beli disini,” tandas Keintjem. 

Kepala Disperindag Kota Manado Ir Meisye Wollah, dalam laporannya mengatakan hanggar Pasar Bersehati tersebut dibangun dengan menggunakan dana bantuan pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2.5 Miliar. “Perlu kami laporkan bahwa pembangunan hanggar di Pasar Bersehati ini sudah selesai kami bangun dengan menggunakan DAK. Saat ini kami menyerahkan hanggar ini kepada PD Pasar dan selanjutnya digunakan untuk aktifitas di Pasar Bersehati,” tutup Wollah.(boy)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment