Berita Terbaru

Thursday, April 6, 2017

“Orang Manado makang kalo nda pidis nda sadap”
by donwu - 0

WALIKOTA GS Vicky Lumentut, Wawali Mor Bastiaan, Plt Sekkot Rum Dj Usulu, Wakil Ketua TP-PKK Imelda Bastiaan-Markus, Dandim 1309 Toar Pioh, Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo, serta sejumlah pejabat Pemkot Manado, bersama-sama menanam rica dan tomat dalam pencanangkan “Gerakan Batanang Rica deng Tomat” di perkebunan Kombos Timur, Kamis (6/4/2017) sore.(foto: donny/sk)


Tekan inflasi, GSVL-Mor canangkan “Gerakan Batanang Rica deng Tomat”

MANADO, SMCOMUntuk kesekian kalinya, Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE STh mengajak aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Manado dan masyarakat umum agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam kebutuhan pokok, khususnya cabe atau rica dan tomat.

Hal ini dimaksudkan untuk menekan inflasi atau harga rica dan tomat yang terus melambung tinggi akhir-akhir ini. Pasalnya, harga rica dan tomat yang melambung di pasaran menjadi penyumbang inflasi terbesar sekarang ini. Inilah mendorong Pemkot Manado bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dan TP-PKK Manado mencanangkan “Gerakan Batanang Rica deng Tomat”, yang dimulai di Kelurahan Kombos Timur, Kecamatan Singkil, Kamis (6/4/2017) sore tadi.

“Saya mengajak kita semua di mulai dari ASN Pemkot Manado untuk ramai-ramai kita menanam rica dan tomat. Apalagi, sekarang ini harga komoditi rumah tangga ini sedang merangkak naik dan menyebabkan inflasi. Sekali lagi, mari kita sama-sama memanfaatkan pekarangan rumah kita untuk ditanam rica dan tomat,” ujar Walikota GSVL, saat menyampaikan sambutan.

Menurutnya, hasil menanam rica dan tomat di pekarangan sendiri jauh lebih menguntungkan dan dijamin sehat dan higyenis dibandingkan jika membelinya di pasar. “Saya kira dengan rica dan tomat yang dipetik sendiri, pasti jauh lebih menguntungkan, karena tidak lagi membeli rica dan tomat di luar, selain itu pasti lebih segar dan sehat dibandingkan yang kita beli di pasar yang sudah berhari-hari dipetik. Saya bisa merasakan manfaat ini karena saya juga menanam rica dan tomat di rumah,” tandas Walikota GSVL.

Sebelumnya, dalam sambutan serupa, Wawali Mor menegaskan bahwa pentingnya menanam rica dan tomat karena juga dua komoditas itu menjadi kebutuhan utama untuk makanan. “Orang Manado kalo makang nda pake rica deng nda pidis rasa bagimana sto tu makanan, nda sadap (Orang Manado kalau makan tidak pakai cabe dan tidak pedas rasanya makanan itu tidak enak),” ujarnya.

“Karenanya, dengan cara nenanam rica dan tomat maka kita sudah mmbantu menekan inflasi di daerah ini. Tanam rica dan tomat bukan Cuma di kebun tapi juga bisa manfaatkan pekaranga rumah,” tukas Wawali Mor, seraya juga memperkenalkan kepada publik bahwa Pemkot Manado saat ini punya aplikasi Tau-Pang (Tahu Pangan) yang terintegrasi di Cerdas Command Center (C3) Manado. “Tau-Pang ini untuk memonitoring harga pasar,” tandasnya.

Usai dicanangkan, GSVL-Mor langsung diajak melakukan penanaman bibit rica di tomat di perkebunan komplek Kantor Lurah Kombos Timur. Pencanangan ini dihadiri pula Plt Sekkot Manado Drs Rum Dj Usulu, Wakil Ketua TP-PKK Manado Imelda Bastiaan-Markus SE, Dandim 1309 Manado Letkol ARM Johanis Toar Pioh, Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo, serta sejumlah pimpinan Perangkat Daerah (PD) Pemkot Manado.(dsw/skh-swarakita)



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment