Berita Terbaru

Thursday, April 20, 2017

8 ribu blanko E-KTP masuk Manado, prioritas untuk perekam Juni 2016
by donwu - 0

SEKRETARIS Disdukcapil Manado Ivan Sumampouw saat menjemput 8 ribu blanko E-KTP di kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (18/4/2017) lalu.(foto: ist)
MANADO, SMCOM—Penantian hampir setahun blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) akhirnya direalisasikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dimana pihak Kemendagri mulai mendistribusikan blanko tersebut ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Manado.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Manado Ivan Sumampouw yang telah menjemput langsung blanko E-KTP tersebut di kantor Kemendagri, Jakarta, pada Selasa (18/4/2017) lalu. Diungkapnya, ada 8 ribu blanko yang diberikan pusat kepada Manado di tahap awal ini, kendati sejak Juni 2016 lalu hingga April 2017 ini, masyarakat yang melakukan perekaman E-KTP sudah berjumlah kurang lebih 21 ribu.

“Waktu itu kami antri sejak jam 9 pagi, nanti diberikan blanko itu sekitar jam 5 sore karena banyak sekali yang antri dari semua daerah di Indonesia. Dan Manado sendiri mendapat 8 ribu blanko. Masih sedikit memang, karena hingga saat ini yang telah melakukan perekaman E-KTP kurang lebih 21 ribu orang,” ujar Sumampouw kepada Swara Kita di kantor Disdukcapil Manado, komplek Kantor Walikota, Jl Baalikota Tikala, Kamis (20/4/2017) siang.

Ditegaskannya, karena blanko baru 8 ribu maka pelayanan awal akan diberikan kepada masyarakat yang sudah melakukan perekaman E-KTP sejak Juni 2016 silam. “Pemberian dilakukan bertahap. Siapa yang lebih dulu melakukan perekaman maka akan diprioritaskan. Tapi yang sejak Juni tahun lalu. Kalau yang baru melakukan perekaman nanti tunggu tahap berikutnya,” tegasnya.

Sumampouw berujar, sesuai informasi yang mereka dapat di Kemendagri, tahap dua penyaluran blanko E-KTP ini pada Juni 2017 mendatang. “Untuk 8 ribu blanko ini, bisa didistribusikan atau pelayanan ini kurang lebih memakan waktu 4 bulan. Jadi di sementara 8 ribu blanko ini dibagikan, maka blanko E-KTP tahap selanjutnya sudah masuk,” tandasnya.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pendistribusian blanko e-KTP selanjutnya akan dilakukan secara bertahap ke beberapa daerah hingga selesai pada bulan April 2017 ini. Tjahjo pun meminta maaf jika dalam pelaksanaan percepatan pendistribusian e-KTP ini ke masyarakat mengalami kendala.

Terlebih dengan adanya kasus dugaan korupsi proyek e-KTP yang saat ini tengah ditangani KPK. Tjahjo optimis pendistribusian e-KTP akan selesai pada April ini, sesuai dengan target yang ditetapkan. Untuk selanjutnya, pihaknya akan menyediakan sebanyak 3 juta lembar blanko e-KTP untuk yang baru mendaftar.(dsw/skh-swarakita)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment