Berita Terbaru

Wednesday, March 15, 2017

Oke ‘Cing’ Sumual dari Hanura hijrah ke Demokrat, ini alasannya
by donwu - 0

Penyerahan pataka Partai Demokrat dari Sekjen DPP Hinca Panjaitan kepada Ketua DPD Partai Demokrat Sulut GS Vicky Lumentut. Inzet: Oke 'Cing' Sumual.
MANADO, SMCOM—Secara umum masyarakat luas, mungkin belum terlalu mengenal sosok yang satu ini. Namun di kalangan politisi maupun pers, Oke Sumual sudah tak asing lagi. Berkarir politik di Partai Hanura dan menjadi calon anggota legislatif Manado pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014, politisi muda ini sempat merubah peta politik di dapil Malalayang-Sario.

Posisinya sebagai Ketua PAC Partai Hanura Kecamatan Malalayang membuat dirinya cukup leluasa menggalang massa. Apalagi ditopang dengan eksistensi pergaulan yang luwes dan bisa diterima di berbagai kalangan.

Saat menghadapi Pilkada Manado belum lama ini, Sumual yang masih berbalut seragam Partai Hanura dengan sikap politiknya memutuskan memilih dan memenangkan pasangan DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Mor Dominus Bastiaan SE yang diusung Partai Demokrat. Padahal saat itu, Partai Hanura punya jagoannya sendiri.

Pilihan poliknya pun tepat. Kini, pria yang akrab disapa Cing ini telah menentukan sikap politik yang baru juga, dengan memutuskan hijrah ke Partai Demokrat. Sabtu (11/3/2017) pekan lalu, Cing dilantik sebagai Ketua Divisi Hubungan Eksternal Daerah DPD Partai Demokrat mengisi struktur partai yang diketuai GSVL yang tak lain juga sebagai Walikota Manado.

Alasan dirinya berlabuh ke partai politik berlambang segitiga mercy itu pun sangat sederhana. “Kali ini saya ingin membantu pak GSVL. Saya sebagai pekerja partai, suka bekerja dengan orang (GSVL, red) yang komitmennya sudah jelas,” ungkapnya kepada Swara Kita Group, Rabu (15/3/2017) sore.

Dia mengakui, sejak dirinya dilantik di struktur DPD Partai Demokrat Sulut, ada begitu banyak rekan sesama politisi yang bertanya tentang keputusannya itu. Dia menjawab dengan ilustrasi rumah kopi. “Kita bilang pa teman-teman, torang boleh beda rumah kopi, mar depe minuman tetap sama kopi susu. Artinya, kendati torang so beda partai politik namun pertemanan tetap berlangsung, hehehehe,” ujarnya.

Ditanya soal target kedepan termasuk ingin kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif Manado, dirinya hanya merendah. “Torang lihat saja nanti,” tandas Cing.(dsw)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment