Berita Terbaru

Sunday, March 5, 2017

Harga cabe di Ulu Siau tembus Rp150 ribu/kg
by fadjrin haryanto - 0





Kenaikan harga Cabai yang cukup signifikan terjadi di Ulu Siau.(foto: ist)

MANADO, SMCOM-Kenaikan harga bumbu dapur khususya rempah-rempah beberapa pekan terakhir ini terus mengalami kenaikan cukup signifikan. Seperti halnya bumbu dapur jenis cabe yang saat ini mencapai Rp150ribu per kilogram.

Menurut Meiti salah satu pedagang rempah-rempah, kenaikan harga cabe disebabkan pasokan dari distributor sangat kurang disementara permintaan dipasaran cukup tinggi. "Bayangkan sejak beberapa hari lalu cabe yang dijual mulai berkurang akibat minim pasokan dan harganya juga cenderung naik," tutur Meiti.

Meski harga yang cenderung naik seperti itu, namun warga tetap membeli cabe disebabkan kebutuhan yang sangat mendesak seperti kebutuhan rumah makan dan berbagai kebutuhan rumah tangga. "Mau tidak mau harus belanja karena usaha rumah makan mengharuskan membeli cabe," ungkap Ci Tjiok, pengusaha rumah makan.

Namun demikian, dirinya memastikan belum menaikan harga makanan karena ada beberapa jenis rempah-rempah dan juga sayuran yang harganya masih bisa terjangkau. "Kami belum menaikkan harga makanan,karena ada jenis rempah dan juga sayuran yang harganya masih cukup murah," kata dia.

Sementara itu, sejumlah petani cabe lokal sangat kesulitan dalam mengembangkan usaha rempah-rempah karena kondisi pasar yang sulit bagi pedagang lokal dalam menjualbelikan rempah-rempah maupun sayuran. Padahal sejumlah kalangan menilai petani lokal sangat membantu apabila terjadinya kenaikan harga. "Kalau petani lokal dapat diberdayakan maka harga dipasaran dapat ditekan. Kami saja menempati pasar kesulitan mendapat lokasi berjualan," beber sejumlah petani.(esge)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment