Berita Terbaru

Friday, March 17, 2017

Euforia kemenangan Megahago, Golkar Sitaro elus Takarendehang
by fadjrin haryanto - 0



Seperti kehadiran Alfrets R Takarendehang (ART)
bakal berikan warna baru dalam percaturan politik di Sitaro.(foto: ist)


Ulu Siau, SMCOM—Pesatnya komunikasi politik melalui media sosial dengan topik Pilkada Sitaro 2018 menunjukan realitas sosial yang memberikan pengaruh besar terhadap citra kandidat ke depan. Namun strategi komunikasi politik yang secara tidak langsung memblow-up isu-isu yang bukan hanya positif tapi juga sifatnya black campaign, bukanlah keputusan mutlak bakal calon yang akan diusung partai politik.

Namun lebih pada memberikan pengaruh pemilih dengan fokus pada penguatan citra politik sebagai pemimpin yang teruji, berpengalaman, dan tidak sekadar berjanji agar dipilih. Ini dibuktikan dengan kemenangan pasangan Jabes Gaghana dan Helmud Hontong dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sangihe belum lama ini dimana bagi sebagian simpatisan dan pendukung menilai bukan hanya menjadi kemenangan Partai Golkar selaku partai pengusung namun juga kemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) meskipun partai binaan putri proklamator ini saat itu mencalonkan pasangan Hironimus R Makagansa dan Silangen.

Memang apabila dicermati, ketokohan serta latar belakang JEG (Jabes Gaghana) sebagai kader moncong putih sudah tidak diragukan sehingga memberikan pengaruh besar terhadap percaturan politik daerah tersebut. Ini seakan membangunkan roh semangat para kader dan simpatisan untuk menguningkan langit nusa utara sebagai target utama bagi partai berlambang pohon beringin ini setelah meraih kemenangan di Sangihe dengan turut manargetkan kemenangan di Sitaro.

Hal ini dapat terlihat dengan beberapa lobi politik tingkat tinggi yang kian gencar dilakukan para tokoh-tokoh politik di negeri 47 pulau ini bahkan para tokoh politik yang ada di Sulut. Kehadiran beberapa figur yang meski sebagian terlihat malu bahkan ada yang secara terang-terangan menyatakan maju dalam perhelatan lima tahunan tersebut nampak turut meramaikan persiapan menuju Sitaro 1 pada 2018 mendatang turut meramaikan dunia maya atau media sosial sebagai strategi komunikasi politik.

Sudah pasti tidak sulit bagi Partai Golkar untuk mengusung pasangan calon yang menggunakan partai ini sebagai kendaraan politik jika berniat mencalonkan diri nantinya. Mengapa tidak, dengan mengantongi empat kursi di legislatif dapat mengantar partai ini sebagai peserta dalam Pilkada Sitaro mendatang. Pelak saja, beberapa figur internal partai terus mencuat diantaranya Piethein Kuera (PK), Zeth Papona (ZP), Meiva Salindeho Lintang (MSL), dan Hironimus E Makainas (HEM). Dari Kapabilitas dan kualitas keempat kader senior PG Sitaro ini dipastikan akan meramaikan ajang penjaringan bakal calon internal Partai Golkar Sitaro.

Meskipun mencuatnya figur internal partai namun beberapa figur diluar partai juga digadang- gadang sebagai bakal calon PG Sitaro dengan sejumlah partai pendukung. Seperti halnya kehadiran Alfrets R Takarendehang (ART) turut memberikan warna baru dalam percaturan politik di Sitaro setelah sebelumnya dikabarkan pengusaha muda ini juga mendapat mandat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Sitaro yang akan dikuatkan dengan pelaksanaan Muscalub Partai Hanura Kabupaten Kepulauan Sitaro yang dijadwalkan pertengahan tahun ini.

Tentu saja, politisi dan juga pengusaha muda tanpa cacat dalam dunia percaturan politik selama ini dikabarkan sangat mapan sebagai bakal calon bupati dan akan disandingkan dengan Ketua DPD II PG Sitaro Piethein Kuera sebagai bakal calon wakil bupati (ART-PK). Dari penuturan sejumlah kader yang enggan namanya dipublis, Takarendehang merupakan figur muda yang perlu diperhitungan, karena selain bersih dan juga berwawasan luas, figur ini juga sangat dekat dengan semua kalangan masyarakat. baik menengah kebawah maupun atas.

"Dia (Takarendehang, red) mampu berbaur dengan semua orang. Bahkan meskipun masih muda tapi dia cukup berpengalaman. Nah wajar-wajar saja apabila turut diperhitungkan karena partai terbuka untuk siapa saja asalkan mampu menjalankan tugas dan tanggungjawab ,"ungkap sumber.(esge)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment