Berita Terbaru

Tuesday, March 14, 2017

Bendahara di Sitaro diajarkan cara penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filing
by donwu - 0

Assisten III Pemkab Sitaro Denny Kondoj MSi saat membuka workshop pengisihan SPT Tahunan melalui e-Filing.
SITARO, SMCOM—Pemkab Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus berbenah dalam pengelolaan keuangan daerah. Terbukti, Selasa (14/3/2017) siang tadi, Assisten III Denny Kondoj MSi membuka kegiatan workshop pengisihan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-Filing pesan panutan dan penyampaian SPT melaluli e-Filing dan edukasi dan dialog perpajakan mengenai kewajiban perpajakan bendahara, bertempat di Auditorium Kantor Bupati Sitaro.

Mewakili Bupati Toni Supit SE MM, Kondoj meminta agar peserta mengikuti kegiatan ini secara serius karena sangat penting. SPT adalah surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Sitaro Rony Romansyah mengatakan, kegiatan yang dimonitori Kepala Kantor Pelayanan Pajak Tahuna Anto Sibarani bersama tim, rencananya akan berlangsung hingga Kamis (16/3/2017). "Kegiatan ini berlangsung tiga hari,” ujarnya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut para Kepala Perangkat Daerah (PD) Pemkab Sitaro. “Usai pembukaan dilanjutkan dengan pelatihan pengisihan SPT Tahunan melalui e-Filing kepada bendahara pengeluaran," kata Romansyah.

Sehubungan dengan pajak penghasilan, wajib pajak mempunyai kewajiban melakukan pelunasan utang pajak yang tercantum dalam surat ketepatan pajak dan surat keputusan lainnya.

Bagi wajib pajak, SPT mempunyai fungsi untuk melaporkan dan untuk mempertanggung jawabkan perhitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang untuk melaporkan tentang pemabayaran atau pelunasan pajak yang telah dilaksanakan sendiri dan atau melalui pemotongan atau pemungutan pihak lain dalam satu tahun pajak atau bagian tahun pajak, dan penghasilan yang merupakan obyek pajak dan atau bukan obyek pajak, serta harta dan kewajiban.(ddk)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment