Berita Terbaru

Monday, March 6, 2017

Bangun Smart City, GSVL Minta ASN Pemkot Manfaatkan Aplikasi C3
by fadjrin haryanto - 0

Plt Sekkot Manado, H. Rum Usulu saat memimpin Apel (Foto Ist)


MANADO, SMCOM – Melalui Apel perdana Bulan Maret 2017, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-98 Pemadam Kebakaran tahun 2017, dilaksanakan di lapangan Sparta Tikala Manado Senin (6/3).

Wali Kota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Drs Rum Dj Usulu mengatakan, kehadiran Cerdas Command Center (C3) harus didukung sepenuhya oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkot Manado. Jangan sampai ada ASN yang tidak mengetahui aplikasi berbasis teknologi yang diimiliki pemerintah saat ini.

“Saya berharap dengan kehadiran Cerdas Command Center, jangan ada lagi ASN di Kota Manado yang tidak tahu menahu bahkan terkesan Gaptek (gagap teknologi) dengan teknologi ini,” kata Wali Kota Lumentut seperti dikutip Usulu. Lanjutnya, bahwa program C3 sekarang ini mendapat perhatian instansi eksekutf dan legislatif di tanah air. Sehingga Kota Manado telah menjadi daerah tujuan study komparatif.
“Mereka ingin mempelajari apa yang ada di Kota Manado, dan data valid pastilah akan dharapkan dari kita selaku pemerintah Kota Manado,” ujarnya.

Wali Kota yang akrab disapa GSVL ini mengatakan setiap perangkat daerah harus memastikan bahwa data yang ada harus benar-benar valid dan tidak asal input serta harus correct sesuai realita di lapangan. Lanjut dikatakan, setiap ASN di Pemkot Manado harus memanfaatkan aplikasi-apliikasi yang ada di C3.

Dimana, dalam C3 ada tujuh aplikasi dan dua layanan informasi berbasis komunikasi yakni Qlue, Taupang (Pantau Harga Pangan), e-Gol (elektronik Goverment Letter), Si-Tasya (Sistem Informasi Pemantauan Masyarakat), Si-Gita (Sistem Informasi Gabungan Aplikasi Perangkat Daerah), Alama (Aplikasi Lapor Manado) dan RICCA (Ramalan Iklim Cuaca Cerdas) serta Kanal Pemkot Manado dan Radio Komunikasi Posko Gagak atau Save Community.



Plt Sekkot Manado saat menyerahkan alat kebersihan kepada Camat Marthen Kapojos (Foto Ist)

“Saya minta rekan-rekan pegawai, terutama para kepala perangkat daerah agar dapat sepenuhnya memanfaatkan aplikasi-aplikasi dan layanan informasi tersebut. Inilah yang dapat menjadi upaya kita dalam membangun Smart City,” papar Wali Kota Manado dua periode ini.

Terkait peringatan ke-98 Pemadam Kebakaran, orang nomor satu di Manado itu, mengingatkan personil Damkar untuk lebih peka dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada mereka yang mengalami musibah kebakaran.

“Seperti semboyan pemadam kebakaran pantang pulang sebelum padam, mau memberikan motivasi kepada aparat Damkar untuk bekerja profesional dalam menangani masalah kebakaran di Kota Manado,” ujar Wali Kota GSVL seperti dikutip Sekkot Usulu.

Dalam kesempatan itu, diserahkan bantuan Kendaraan Operasional Dapur Umum dari Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk Pemkot Manado.Kendaraan tersebut diserahkan Sekkot Usulu, kepada Kadis Sosial Kota Manado Sammy Agust Rein Kaawoan untuk selanjutnya dipergunakan untuk kegiatan sosial maupun menolong warga korban bencana dalam hal pelayanan konsumsi siap saji. Usai upacara, Sekot Usulu juga menyerahkan seperangkat alat kerja kebersihan bagi sejumlah Camat guna dipakai untuk menjaga kebersihan di masing-masing wilayah.(*)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment