Berita Terbaru

Monday, March 6, 2017

ASN harus jadi panutan dalam membayar pajak
by fadjrin haryanto - 0



foto: ist

TUTUYAN, SMCOM-Bupati Boltim Sehan Landjar menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemkab Boltim untuk dapat memberikan keteladanan, dengan cara menyampaikan laporan dan membayar pajak tepat waktu. Hal ini disampaikan Landjar saat pekan panutan pajak tahunan di lantai tiga kantor bupati baru-baru ini.

Landjar mengatakan, pekan panutan pajak dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk memasyarakatkan tentang pentingnya pengelolaan sumber dana pembangunan yang berasal dari pajak. Sehingga ia berharap ASN sebagai contoh bagi masyarakat Boltim dengan melaksanakan kewajiban sebagai warga Negara yang baik dengan membayar pajak, terutama Pajak Bumi Bangunan (PBB). "Kepada stakeholder terkait beserta jajarannya dapat bekerja keras untuk memaksimalkan penerimaan pajak daerah dengan menugaskan petugas pajak yang kredibel, jujur, berintegritas, serta berkinerja tinggi di daerah, " tegasnya.

Begitu pula dengan Sangadi dan aparat desa diminta agar proaktif menyampaikan kepada para wajib pajak bahwa membayar pajak suatu kewajiban. Sebab kata Landjar, pembangunan yang sedang dijalankan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, pada umumnya membutuhkan dana yang besar sehingga diperlukan partisipasi dari seluruh warga. Salah satu bentuk partisipasi warga adalah kepatuhan dalam membayar pajak. "Gunanya pajak adalah untuk mempecepat realisasi pembangunan, " terangnya.

Landjar juga menegaskan jika ada warga Boltim yang memiliki kelebihan harta berupa kelapa dan cengkih kemudian tidak patuh terhadap pajak atau sengaja tidak bayar pajak, maka Sangadi di desa tersebut diperintahkan untuk mengambil sebagian harta orang tersebut, dengan cara ambil buah kelapa atau cengkih nya agar pajaknya terbayar. 

"Panjat kelapa atau cengkih bagi yang tidak mau bayar pajak. Ambil sebagian sesuai dengan kebutuhan pajak dan sisahnya kembalikan kepada pemiliknya. Begitu caranya untuk mengatasi orang tidak mau bayar pajak, karena pajak sudah menjadi kewajiban setiap warga negara Indonesia, " tegasnya.(efel)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment