Berita Terbaru

Tuesday, February 14, 2017

Tak ada Perda yang melindungi, buah Pala Siau rawan dioplos
by donwu - 0

Buah Pala, komoditas andalan masyarakat Sitaro.
SITARO, SMCOM—Belum adanya Peraturan Daerah (Perda) yang dapat melindungi kwalitas buah Pala Siau, membuat komoditi andalan asal pulau Karangetang ini rawan dioplos.

Kiwol selaku Ketua LPIG Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengatakan kalau pihaknya butuh payung hukum berupa Perda dalam mengawasi dan menjaga kualitas Pala Siau. "Harus ada Perda yang mengatur tentang keluar-masuknya komoditi Pala," ujarnya, Selasa (14/2/2017).

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Sitaro, melalui Kabid Perkebunan Yoppy Jakobus menjelaskan, Ranperda mengenai perlindungan kwalitas Pala tersebut sudah berada di Bagian Hukum dan HAM yang nantinya akan diajukan ke DPRD untuk dibahas. "Ranperda itu sudah ada. Nanti Bagian Hukum dan HAM yang akan mengajukannyan ke DPRD untuk segera dibahas," ungkap Yakobus.


Sementara itu Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Philips Wengen menjelaskan, saat ini dalam menjaga kwalitas Pala Siau, pihaknya hanya bisa memberi tanda jika menemukan ada Pala asal daerah lain yang masuk ke Siau. 

“Kami belum dapat memproses, karena belum ada Perda yang mengaturnya. Saat ini dari petugas kami, ketika kami menemukan hal tersebut, kami akan beri merk agar tidak dicampur dengan pala Siau," ujarnya.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment