Berita Terbaru

Sunday, February 19, 2017

PELAYANAN PUBLIK 2016: Tinangon bangga Disdukcapil tertinggi penilaian Ombudsmen
by donwu - 0

MANTAN Kadis Dukcapil Manado yang kini menjabat Kepala Inspektorat, Hans Tinangon, medapat apresiasi dari Ombudsmen RI saat penyampaian hasil penilaian Kamis (16/2/2017) pekan lalu.(foto: ist)
MANADO, SMCOM—Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulut Hilda Tirajoh SH dalam paparan hasil penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik sesuai UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik di Pemkot Manado, pada Kamis (16/2/2017) pekan lalu, menujukkan kalau secara umum Pemkot Manado berada di Zona Kuning dengan nilai rata-rata 75,18 dalam pelayanan publik tahun 2016.

Hanya saja, ada 10 Satuan Kerja Perangkat Daerah (KPD) yang dalam penilaian Ombudmsen ada yang berada di Zona Hijau, salah satunya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang kala itu di bawah pimpinan Drs Hans Tinangon MSc. Penilaian ini dilaksanakan bulan Mei-Agustus 2016.

Tinangon pun saat diberi kesempatan memaparkan mendapat apresiasi yang tinggi dari Ombudsmen RI. “Walaupun Pemkot Manado secara umum rata-rata mendapat hasil berada di Zona Kuning, namun hasil evaluasi Ombudsman Perwakilan Sulut di Pemkot Manado dari 10 SKPD yang dinilai Mei sampai Agustus 2016 lalu, yang menyumbang angka tertinggi SKPD adalah Disdukcapil,” ujar Tinangon kepada Swara Kita, Sabtu (18/2/2017) akhir pekan.

Disdukcapil Manado merupakan salah satu SKPD yang dinilai baik dalam pelayanan publik. “Karena semua aspek yang dinilai sangat baik dengan nilai rata-rata 97, sehingga Disdukcapil berada di Zona Hijau. Dan ini tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi kami, karena ini juga berkat kerjasama yang baik semua staf di Disdukcapil,” tandas birokrat yang kini dipercayakan menjabat Kepala Inspektorat Pemkot Manado.

Sebelumnya, Tirajoh mengatakan kalau penilaian Ombudsmen RI ini dilakukan secara diam-diam pada Mei-Agustus 2016 lalu tanpa pemberitahuan. "Ada 57 produk layanan dari 10 SKPD yang kami nilai. Ada SKPD yang dapat hijau, ada pula yang merah semua, kemudian bervariasi ada merah, kuning dan hijau. Zona Merah nilai 0-50, Zona Kuning 51-80 dan Zona Hijau 81-100,” ujar Tirajoh kala itu.

Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) sendiri berharap tahun 2017 ini Pemkot Manado secara umum bisa berada di Zona Hijau. Tentunya harus ada komitmen yang serius dari seluruh Perangkat Daerah di Pemkot Manado. Menurutnya, untuk memperbaiki nilai tidak sulit. Karena, yang terpenting adalah komitmen serta melaksanakan semua syarat yang diminta Ombudsman RI.

Gsvl bahkan meminta, untuk penilaian pelayanan publik yang dilakukan Ombudsman RI tidak hanya pada Dinas/Badan tetapi sampai ke tingkat Kecamatan hingga Kelurahan.(dsw/swarakita)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment