Berita Terbaru

Monday, February 13, 2017

Lobi Walikota GSVL berhasil, Kemensos bantu Manado mobil Dumlap
by donwu - 0

KADIS Dinsos-Pemas Manado Sammy Kaawoan (kemeja hitam) bersama Direktur Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Adhy Karyono (tengah) di Kantor Kemensos, Jakarta.
MANADO, SMCOMKementerian Sosial (Kemensos) sejak awal tahun 2016 telah mendistribusikan kendaraan operasional penanggulangan bencana berupa kendaraan Dumlap (dapur umum lapangan) di seluruh Indonesia. Dan Manado pada tahun 2017 ini mendapat bagian pengadaan kendaraan Dunlap tersebut sebagai tindak-lanjut dari lobi Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) beberapa waktu lalu.

Tak hanya kendaraan Dumlap, Kemensos juga memberikan 1 unit motor TRC untuk Pemkot Manado. Kendaraan tersebut telah dijemput Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-Pemas) Manado Drs Sammy Kaawoan di Jakarta pekan lalu. “Lobi pak Walikota membuahkan hasil, dan Kemensos memberikan bantuan  mobil Dumlap dan motor TRC untuk Pemkot Manado,” ujar Kaawoan kepada Swara Kita, Senin (13/2/2017).

Dikatakanya, bantuan tersebut diserahkan Direktur Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Adhy Karyono di Kantor Kemensos, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat. “Kendaraan ini akan dibawa ke Manado menggunakan kapal laut,” kata Kaawoan.

Mobil Dumlap (dapur umum lapangan).

Dijelaskannya, kendaraan Dumlap ini dalam satu kali masak mampu melayani 1000 orang. Dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas dapur ini, yang akan sangat bermanfaat untuk memudahkan pelayanan. Dimana di dalamnya telah dilengkapi berbagai peralatan yang digunakan untuk memasak, seperti kompor, lemari pendingin, dispenser, genset dan dilengkapi dengan kipas angin (blower). 

“Keberadaan mobil Dumlap semakin mempercepat pelayanan korban bencana karena tidak perlu repot lagi menata hingga mendirikan tenda dapur umum serta sudah memenuhi standar pelayanan minimal,” ungkap Kaawoan.

Diharapkannya, bantuan kendaraan tersebut akan lebih cepat tindakan dan cepat pemulihan setelah dua indikator sebelumnya tercapai, yaitu tepat sasaran dan tepat bantuan. “Kendaraan logistik ini semakin mempercepat tindakan serta pelayanan korban bencana,” tukas Kaawoan.(dsw)

Bisa juga dibaca di SKH Swara Kita Manado edisi Selasa 14 Februari 2017.



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment