Berita Terbaru

Thursday, February 9, 2017

GSVL: Pers harus jadi kontrol sosial yang independen dan objektif
by donwu - 0

Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan serta Kabag Pemhumas Pemkot Manado Steven Runtuwene bersama sejumlah jurnalis yang melakukan peliputan di Pemkot Manado.

MANADO, SMCOM—Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), Kamis (9/2/2017) pagi memimpin upacara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Gedung Sam Ratulangi Kantor PWI Sulut, Kelurahan Wenang Utara, Kecamatan Wenang.

Walikota GSVL mengatakan pers merupakan wahana komunikasi massa yang memiliki peran penting untuk menciptakan iklim yang kondusif dalam kehidupan masyarakat dan dalam proses pembangunan. "Melalui fungsi dan peran pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan sekaligus sebagai kontrol sosial yang independen dan objektif. Peran pers yang sangat strategis ini hanya dapat bisa dijalankan oleh insan Pers yang profesional dan memiliki integritas," ujarnya.

Olehnya, Walikota GSVL mengingatkan, media harus mampu menghadirkan insan pers yang memiiliki kompetensi dan kapabilitas, serta mampu memegang teguh etika profesi dalam rangka melaksanakan tugas-tugas jurnalistik yaitu mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyajikan berita dan informasi yang aktual dan berimbang kepada publik.

"Dalam rangka memaknai peringatan Hari Pers Nasional ini, saya mengajak saudara-saudara sekalian agar kiranya dapat senantiasa melaksanakan azas, fungsi, hak, kewajiban dan peranan dengan sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan Pers yang profesional sehingga mampu menyajikan informasi akurat," ujar Walikota GSVL.

Dirinya berharap, momentum HPN tahun 2017 ini semakin memantapkan kiprah para wartawan dalam membangun peradaban yang maju dan madani, serta menjadi mitra sekaligus sebagai kontrol terhadap kinerja pemerintah. "Atas nama pemerintah Kota Manado, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Pers Nasional kepada segenap rekan-rekan insan Pers khususnya di Bumi Nyiur Melambai Sulut dan Manado terlebih khusus," pungkas Walikota GSVL.

Seperti diketahui, secara nasional puncak peringatan HPN tahun 2017 dipusatkan di Ambon Maluku.(dsw)

Baca juga di SKH Swara Kita Manado edisi Jumat 10 Februari 2017.



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment