Berita Terbaru

Thursday, February 23, 2017

Angin kencang ancam produksi Pala di Siau
by donwu - 0

Buah Pala merupakan komoditi unggulan di Sitaro.
SITARO, SMCOM—Adanya angin kencang beberapa hari yang lalu membuat produksi buah Pala di pula Siau diprediksi akan menurun. Kondisi tersebut karena terpantau banyaknya buah Pala yang masih belum usia panen jatuh.

Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sitaro melalui Kabid Perkebunan Jopy Jakobus, Kamis (23/2/2017) siang tadi. Menurut Jakobus, daerah perkebunan Pala yang terdampak salah satunya adalah di Kecamatan Siau Tengah. Diamana kurang lebih 40-50 persen buah Pala di lokasi tersebut jatuh. Padahal waktu panennya sekira bulan April-Mei 2017 nanti. "Memang angin kencang baru-baru sangat berpengaruh terhadap produksi Pala,” ungkap Jakobus.

Sejumlah petani Pala mengungkapkan kesedihan mereka ketika melihat buah Pala yang jatuh sebelum siap dipanen akibat terpaan angin kencang. Namun mereka pasrah kerena hal tersebut diakibatkan oleh alam. 

"Jujur torang sebagai petani sedih da lia torang pe buah Pala jatuh sebelum depe waktu panen. Tapi apa hendak dikata itu karena alam," ujar Hengky, salah seorang petani Kecamatan Sitim. Mereka berharap dengan dampak yang diakibatkan oleh alam kiranya harga buah Pala kedepan akan lebih baik.(ddk)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment