Berita Terbaru

Monday, January 30, 2017

Tingkatkan daya saing bangsa, Rektor Unima ikut Rakernas Kemenristek-Dikti 2017
by donwu - 0

Rektor Unima Prof Juleyta PA Runtuwene foto bersama sejumlah Rektor dan Irjen Kemenristek-Dikti Prof Jamal Wiwoho di Grha Sabha Pramana UGM Jogjakarta, Senin (30/1/2017).(foto: ist)
JOGJAKARTA, SMCOM—Tahun 2017 merupakan tahun yang sangat penting, karena tahun ini merupakan tahun pertengahan periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) III (2015-2019) yang merupakan setengah perjalanan dari RPJMN 2015-2019.

Agenda RPJMN 2015-2019 adalah memantapkan pembangunan secara menyeluruh dengan menekankan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian dengan berbasis pada Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, serta kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Hal inilah yang mendorong Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), yang kali ini mengangkat topik: Memperkuat sinergi Ristek-Dikti untuk meningkatkan daya saing bangsa. Rakernas yang digelar di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM Jogjakarta, Senin (30/1/2017), diikuti pula oleh Rektor Unima Prof DR Ir Juleyta PA Runtuwene MS DEA.

Kemenristekdikti hanya akan memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan nasional untuk meningkatkan daya saing, jika pembangunan Iptek dan pendidikan tinggi mampu menghasilkan inovasi teknologi serta sumber daya manusia yang terampil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sekaligus dapat menjadi solusi bagi permasalahan nyata yang dihadapi oleh masyarakat.

Untuk itu, maka pemantauan dan penajaman program/kegiatan yang telah dilakukan dan akan dilakukan dengan keterlibatan komunitas Iptek dan pendidikan tinggi melalui komitmen dalam pelaksanaan kebijakan dan program/kegiatan prioritas sangatlah diperlukan untuk mewujudkan kontribusi nyata tersebut.

Rakernas dimaksudkan sebagai langkah dan tindakan konkret Kemenristekdikti dan unsur terkait lainnya untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program/kegiatan prioritas tahun 2016 dan menyiapkan pelaksanaan program/kegiatan prioritas 2017 dan rencana 2018.

Sementara itu tujuannya untuk: memperkuat sinergi antara Perguruan Tinggi, AIPI, DRN, DPT, LPNK, Balitbang Kementerian, BPP Daerah, Pusat Penelitian, Industri dan lembaga terkait lainnya; melakukan pemantauan dan evaluasi capaian kinerja pembangunan ristek dan pendidikan tinggi 2016 dan mempersiapkan pelaksanaan program/kegiatan prioritas 2017 serta rencana 2018; menguatkan reformasi birokrasi Kemenristekdikti menuju tata kelola yang efisien, transparan, dan akuntabel.


Hasil yang diharapkan dari Rakernas Tahun 2017 adalah model-model sinergi Ristek dan Dikti, monitoring dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan 2016 dan persiapan  pelaksanaan program/kegiatan prioritas  2017 serta rencana 2018, dan rencana aksi penguatan reformasi  birokrasi.(kerd/donny)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment