Berita Terbaru

Sunday, January 29, 2017

Kebutuhan air bersih Trans Patoa terpenuhi
by Totti boy - 0



KEBUTUHAN akan air bersih di Desa Transpatoa Kecamatan Helumo kini dijamin Pemkab Bolsel.(foto: ist)

Molibagu,SMCOM—Warga Desa Transpatoa Kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sudah merasakan dampak dari pembangunan daerah. Pemerintah Kabupaten sudah memberikan fasilitas air bersih kepada mereka yang membutuhkan. Diambil dari sumber mata air yang layak dikonsumsi, warga Desa Transpatoa kini sudah terjamin fasilitas air bersihnya.

Sangadi (Kepala desa,red) Desa Transpatoa Anwar Stirman mengungkapkan semula, diwaktu pertama kali tinggal di desa tersebut, beban kehidupan dalam beradaptasi langsung dengan lingkungan begitu berat dirasakan warga setempat. Mulai dari mata pencaharian hingga air bersih yang sulit diperoleh.

“Kami dulunya bermata pencaharian Nelayan. Pada saat dipindahkan ke desa ini, warga diberikan lahan untuk dikelolah. Warga belajar untuk bertani. Sekarang sudah mulai merasakan hasil dari apa yang dikelolah warga,” ungkap Stirman.

Lanjutnya, persoalan air bersih sudah tidak bermasalah lagi kata Sitrman. Melalui APBD Pemkab Bolsel sejak 2014 lalu sudah mengatasi kesulitan yang dirasakan warga setempat. “Kami tinggal dan menetap di sini, terhitung sejak 2005 lalu. Sebelum daerah mendatangkan air bersih, warga harus ke Desa Duminanga yang jaraknya puluhan kilo dengan tanjakan pegunungan yang cukup tinggi, kalau ada kelebihan rejeki, sewa tukang ojek untuk mengangkut air dari kampung sebelah. Alhamdulillah sejak 2014 kami sudah bisa rasakan manfaat tinggal di desa ini meskipun kami hanya daerah transmigrasi,” kata Stirman kemarin.

Terlebih lagi menurut Striman, sekarang ini ada suntikan dana Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikelolah langsung oleh desa. “Melalui dana ini nantinya akan kami kelolah dengan baik untuk pembangunan di desa,” cetusnya.
Dia juga menambahkan, dari Pemerintah Kabupaten juga sudah menambah anggaran untuk penambahan bobot mata air bersih masuk ke Desa Transpatoa. 

“Ini ada penambahan mata air lagi yang akan dibuat oleh daerah. Karena lalu anggaran belum mencukupi sehingga baru sekarang ini ada  penambahannya. Titik mata air yang lebih besar lagi akan dibuat untuk masuk ke desa,” tambahnya.(chan)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment