Berita Terbaru

Monday, January 30, 2017

Ini bobot penilaian calon Kepala Lingkungan di Manado
by donwu - 0

PLT Sekkot Rum Usulu dan Kabag Pemhumas Steven Runtuwene bersama Pansel Seleksi Kepala Lingkungan di sela rapat di Rudis Walikota, Senin (30/1/2017) malam.(foto: ist)
MANADO, SMCOM—Tahapan penjaringan calon Kepala Lingkungan (Pala) di Manado tahun 2017 telah dilaksanakan secara serentak di 11 Kecamatan, Senin (30/1/2017) pagi. 1024 calon Pala yang lolos berkas menjalani tes tertulis dan wawancara yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) bersama pihak kecamatan.

Di sesi wawancara, ada bobot penilaian yang diberikan Pansel yang harus dipenuhi calon Pala, antara lain terkait penampilan atau performance yang mendapat bobot 15%, kemudian intelegensia atau kecakapan dengan bobot 65%, serta integritas dengan bobot penilaian 20%. Terkait penampilan, hal sepele yang mungkin dilupakan para calon Pala adalah sikap, perilaku, bahkan cara duduk/berdiri/berjalan.

Sedangkan di sesi ujian tertulis, sejumlah pertanyaan diajukan kepada para calon Pala, antara lain terkait tugas-tugas dan tanggung jawab Pala, program pemerintah kota mengenai Universal Coverage (UC) dan PBL Mapaluse, penanganan dan pengelolaan kebersihan di lingkungan, kegiatan Prokamling, serta mengetahui secara jelas warga masyarakat di lingkungan (selengkapnya lihat grafis).

Plt Sekkot Manado selaku Ketua Pansel Drs Rum Dj Usulu bersama sejumlah Pansel melakukan pantauan pelaksanaan seleksi tes tertulis dan wawancara di 11 kecamatan. "Kami melakukan pantauan pelaksanaan tes tertulis dan wawancara di 11 kecamatan. Pelaksanaan penjaringan calon Pala tahun 2017 ini, dilakukan seobjektif mungkin. Ada 1024 yang kita seleksi, untuk menduduki 504 jabatan kepala lingkungan di Kota Manado," ujar Usulu, kepada sejumlah wartawan.

Dikatakannya, karena jabatan Pala yang terbatas tidak sebanding dengan jumlah pendaftar, maka yang tidak lolos diharapkan tidak berkecil hati. "Kalau ada yang tidak lolos dalam seleksi Pala tahun 2017 ini, masih ada kesempatan tahun depan. Karena jabatan kepala lingkungan setiap tahun ada. Jadi mari kita bersabar, dan jangan berkecil hati, mudah-mudahan tahun depan bisa terpilih, asalkan memenuhi syarat," tukas Haji Rum, sapaan akrab Usulu.

Ditambahkannya, hasil pantauan di 11 kecamatan hingga kini Pansel belum menemukan adanya kendala ataupun keluhan baik tim seleksi kecamatan maupun calon Pala terkait tes tertulis dan wawancara yang dilakukan. Dan untuk rencana pengumuman seleksi Pala, nanti akan diumumkan secepatnya setelah tim Pansel mengumpulkan semua berkas dan hasil seleksi tes tertulis dan wawancara.

"Yang pasti 504 Pala yang lolos dan terpilih nanti, memiliki integritas dan moral yang baik. Paling tidak bisa jadi panutan di tengah masyarakat, dan dapat menjaga kebersihan serta keamanan di lingkungannya masing-masing," tegas Usulu.(dsw)

PERTANYAAN WAWANCARA

1. Penampilan/Performane (Sikap, Perilaku, Cara Duduk/Berdiri/Berjalan) : 15%
2. Intelegensia/Kecakapan (Penguasaan Tugas, Perencanaan Tugas, Pengendalian Masyarakat) : 65%
3. Integritas (Kejujuran, Loyaloitas, Tanggung Jawab) : 20%

PERTANYAAN UJIAN TERTULIS
1. Uraikan secara singkat dan jelas tugas-tugas dan tanggung jawab Kepala Lingkungan?
2. Apa yang saudara/saudari tahu tentang program pemerintah kota mengenai Universal Coverage (UC) dan PBL Mapaluse? Bagaimana pelaksanaannya?
3. Bagaimana penanganan dan pengelolaan kebersihan di lingkungan saudara/saudari?
4. Bagaimana pengendalian keamanan dan ketertiban di lingkungan saudara/saudari dan kegiatan Program Keamanan Ligkungan (Prokamling)?
5. Bagaimana caranya mengetahui secara jelas warga masyarakat di lingkungan sudara/saudari?


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment