Berita Terbaru

Thursday, January 12, 2017

Baniang bakal jadi seragam dihari Kamis
by yunita Cantik - 0

Irawan B Ginoga
Kadis kebudayaan & Pariwisata
Kotamobagu—Kreatif atau tidak. Namun. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotamobagu, Irawan Bambang Ginoga berencana menetapkan setiap hari Kamis akan mengenakan busana adat. Hal ini dilakukan, karena menurut Bambang untuk menyesuaikan dengan program pemerintah yakni Singgai Hamis, Singgai tumomongondow’ (hari Kamis hari berbahasa Mongondow), “Hari kamis diwajibkan baj
u adat, beserta bahasanya. Ini salah satu pelayanan kami kepada masyarakat,” ungkapnya saat bersua di ruang kerjanya, Kamis (12/01) siang tadi.
Rencana untuk meningkatkan budaya daerah melalui pakaian adat. Lanjut Bambang, sudah di komunikasikan dengan pimpinan. “Walikota ingin memajukan daerah kotamobagu sebagai daerah yang berbudaya,” akuhnya.
Untuk itu, Bambang siap menerapkan penggunaan pakaian adat, mulai dari Dinas yang di Pimpinnnya. “kita sudahh rencanakan itu pekan depan kita mulai. dari pintu masuk, front office, dan semua ASN di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata wajib berpakaian adat di hari kamis sekaligus  menggunakan bahasa mongondow,” katanya.
Sedangkan untuk jenis pakaian adat. Tambah Bambang, akan ada dua macam. “Pakaian Hasnya Baniang untuk laki-laki dan Salu' untuk perempuan,” tambahnya. (Mg2).
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment