Berita Terbaru

Tuesday, January 17, 2017

Awas!! Satgas Saber Pungli Pemkot Manado mulai action
by donwu - 0

WALIKOTA GS Vicky Lumentut saat melantik Satgas Saber Pungli Pemkot Manado, di ruang Serbaguna Kantor Walikota, Jl Balaikota Tikala, Selasa (17/01/2017) pagi.(foto: ist)
MANADO, SMCOM—Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Manado jangan coba-coba lakukan pungutan liar (pungli). Pasalnya, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Pemkot Manado telah terbentuk dan mulai action. Pelantikan Satgas ini dipimpin langsung Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Manado Nomor 200a/KEP/LT.01/Inspekt/2016 tentang Pembentukan Satgas Saber Pungli dilingkup Pemkot Manado, di ruang Serbaguna Kantor Walikota, Jl Balaikota Tikala, Selasa (17/01/2017) pagi.

Pelantikan Satgas Saber Pungli Pemkot Manado selain didasarkan pada SK Walikota Manado, juga amanat ketentuan Pasal 8 Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ tentang pengawasan pungutan liar dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Dibentuknya Satgas Saber Pungi ini sejalan dengan komitmen Walikota GSVL dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa di Manado. Tak tanggung-tanggung, GSVL-Mor pun menggandeng penegak hukum dalam struktur, dimana Ketua Unit Pelaksana dijabat Wakapolresta Manado yang dibantu unsur Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, serta beberapa pejabat Perangkat Daerah Pemkot Manado yang berkompeten.

Pada kesempatan itu, Walikota GSVL menjelaskan bahwa pembentukan Satgas Saber Pungli Pemkot Manado ini sesuai Peraturan Presiden harusnya sudah dilaksanakan sejak 2016 lalu. Namun, Pemkot Manado masih menunggu penyesuaian dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016.

"Sebenarnya, pembentukan Satgas Saber Pungli dilaksanakan secara Nasional karena merupakan Peraturan Presiden sudah harus dilakukan tahun 2016 lalu. Namun karena kita masih menunggu penyesuaian dengan OPD baru, maka kita baru melaksanakan pelantikannya sekarang," jelas Walikota GSVL.

Dirinya pun memberikan apresiasi atas terbentuknya Satgas ini dalam upaya menciptakan kinerja pemerintahan yang semakin baik dan bersih di segala bidang. "Mari bersama-sama kita laksanakan program Saber Pungli ini dengan sebaik-baiknya. Jadikanlah wadah ini sebagai alat aspirasi rakyat yang disampaikan dengan bahasa, sudut pandang dan dukungan positif," tukasnya.

Selain itu, tambah orang nomor satu di Manado itu, Satgas Saber Pungli memiliki kewenangan yang sangat strategis yaitu membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, mengumpulkan data dengan menggunakan teknologi informasi.

"Satgas Saber Pungli memiliki tugas melakukan koordinasi, melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar atau melakukan operasi tangkap tangan serta memberikan rekomendasi kepada instansi vertikal dan Walikota Manado," tandas Walikota GSVL.

Adapun Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan SIK yang hadir dalam pelantikan ini sangat mendukung program ini. Dirinya berharap personil polisi yang dipercayakan di Satgas Saber Pungli ini bekerja profesional.

Ikut menyaksikan pelantikan tersebut, Plt Sekkot Manado Drs Rum DJ Usulu, pejabat Perangkat Daerah Pemkot Manado, Camat/Lurah, PD Pasar Manado, PDAM Manado, PT Air Manado, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Nasional, Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), LSM/Ormas.(dewe)


STRUKTUR SATGAS SABER PUNGLI PEMKOT MANADO

Penangungjawab : Walikota Manado
Penasehat I : Kapolresta Manado
Penasehat II : Kajari Manado
Ketua Unit Pelaksana : Wakapolresta Manado
Wakil Ketua I : Kepala Inspektorat Pemkot Manado
Wakil Ketua II : unsur Kejari Manado
Sekretaris : Kepala Bagian Operasional Polresta Manado
Wakll Sekretaris I : Kepala Seksi Pengawasan Kejari Manado
Wakil Sekretaris II : Sekretaris Inspektorat Manado
Dibantu 5 Kelompok Kerja dari unsur Polresta, Kejari, Pengadilan Negeri Manado, dan Perangkat Daerah Pemkot Manado

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment