Berita Terbaru

Friday, January 20, 2017

7 parpol di Sitaro belum masukkan LPJ 2016, Kesbangpol pun menyurat
by donwu - 0

DPRD Sitaro.(foto: ist)
SITARO, SMCOM—7 partai politik (parpol) di DPRD Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) rupanya belum memasukkan laporan pertanggung jawaban (LPJ) keuangan tahun 2016. Karenanya Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol-Linmas) melayangkan surat pemberitahuan kepada pengurus 7 partai politik tersebut.

"Kami telah menyurat kepada tujuh pengurus partai politik itu untuk segera memberikan LPJ mereka kepada kami," ungkap Kepala Badan Kesbangpol-Linmas Sitaro NE Takalamingan, Jumat (20/1/2017) siang tadi.

Diketahui, Peraturan BPK-RI Nomor 2 Tahun 2015 mengatur waktu bagi partai polik untuk menyampaikan LPJ bantuan keuangan parpol, yaitu satu bulan setelah tahun anggaran berakhir dan mekanisme perbaikan LPJ jika ditemukan penggunaan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hal tersebut berlaku efektif pada 2017 ini.

Untuk selanjutnya, LPJ bantuan keuangan partai politik itu akan diverifikasi dan diaudit pada awal Februari 2017 oleh BPK, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebab, LPJ itu merupakan salah satu persyaratan pada proses pencairan bantuan keuangan Parpol Tahun Anggaran 2017.

Lpj yang diserahkan kepada BPK terdiri atas rekapitulasi realisasi penerimaan dan belanja bantuan keuangan Parpol dan perincian realisasi belanja dana bantuan keuangan parpol per kegiatan. Selain itu, rekapitulasi barang inventaris/modal (fisik), barang persediaan pakai habis, dan penggunaan jasa yang dibiayai dari dana bantuan keuangan parpol.

Setelah audit BPK turun, sekitar Maret 2017 Kesbangpol-Linmas bersama tim verifikasi akan memverifikasi usulan pencairan bantuan keuangan 2017 sekaligus mengusulkan pencairannya. Bantuan yang dicairkan, antara lain untuk pendidikan politik, sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan atas UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik.(ddk)



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment