Berita Terbaru

Thursday, January 5, 2017

3 SKPD ini penyebab PAD Kotamobagu tidak capai
by yunita Cantik - 0


Rio Lombone
Kadis DPPKAD Kotamobagu
Kotamobagu—Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu untuk Tahun Anggaran (T.A) 2016, tidak memenuhi target. Tiga nama instansi pun disebut sebagai penyebab PAD tidak capai target, sesuai penetapan dari Pemerintah daerah. 
Ini seperti yang disampaikan, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Rio Lombone. Dimana, dari sembilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelolah PAD, hanya ada tiga dinas yang tidak memenuhi targetnya. “datanya ada. itu adalah Dinas Tata Kota, UPTD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu dan Dinas Perhubungan. kalau untuk Pemkot sendiri sudah mencapai 92,41 persen, dari target PAD yang ditetapkan sebesar Rp  42.656.618.476,” ujar Rio Siang tadi diruang kerjanya.
Untuk target T.A 2017 ini bagi setiap SKPD menurutnya masih sama seperti tahun sebelumnya. “belum ada yang berubah. Kerja pun kami tahu sudah maksimal. Namun, ini akan menjadi dasar bagi kami untuk nantinya melakukan evaluasi bersama dengan SKPD pengelola PAD,” katanya.
Kepala Bidang Pendapatan, DPPKAD Kotamobagu, Hamka Daun tambah menjelaskan jika capai tiga SKPD tersebut tidak jauh dari target PAD yang ditetapkan. “untuk Dinas Tata Kota, capaiannya sebesar 67,26 persen. Untuk UPTD RSUD Kotamobagu, capaiannya sebesar 76,28 persen. Sedangkan untuk Dinas Perhubungan capai 84,89 persen,” rincinya.
Sekedar diketahui, Untuk Dinas Tata Kota target PAD adalah Rp 967.932.000, dan terbagi atas tiga jenis Pajak/Retribusi, yakni Pelayanan Persampahan, Alat Pemadam dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Untuk UPTD RSUD Kotamobagu, target PAD adalah Rp 14.160.000.000, dan terbagi atas dua jenis pajak/Retribusi, yakni Pelayanan Kesehatan dan JKN Non Kapasitas. Sedangkan untuk Dinas Perhubungan, target PAD adalah Rp 1.388.994.300, dan terbagi atas lima jenis pajak/retribusi, yakni Izin tempat Parkir khusus, Parkir tepi jalan umum, Pengujian kendaraan bermotor, terminal dan izin trayek. (yede)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment