Berita Terbaru

Monday, December 5, 2016

Penggantian Camat-Lurah, Pengamat: Keputusan GSVL-Mor sudah tepat
by donwu - 0

Taufik Tumbelaka.
MANADO, SMCOM—Pekan ini, Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE segera mengganti sejumlah Camat dan Lurah. Penggantian ini didasari dari sikap pandang enteng yang dilakukan sejumlah oknum Camat dan Lurah, yang nampaknya tidak sejalan dengan pemerintahan GSVL-Mor, tidak mendukung program kebersihan bahkan keluhan atas pelayanan publik yang amburadul. Sikap penggantian ini juga dilakukan merujuk laporan Satgas GEMPITA (Gerakan Masyarakat Pintar dan Taat Aturan) yang dilakukan beberapa bulan belakanagan ini.

Pengamat politik dan pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka SIP yang dimintai tanggapannya mendukung kebijakan GSVL-Mor yang akan mengganti Camat dan Lurah, apalagi tidak maksimal dalam tugas dan kinerja. “Pak Wali dan Wakil sedang dalam upaya memperbaiki kembali sistem pemerintahan yang baik. Begitu juga dengan pelayanan publik, keduanya ingin jajarannya bekerja maksimal tentunya dengan cara yang transparan, cepat dan cerdas. Jadi wajar kalau ada Camat dan Lurah yang akan diganti. Supaya visi dan misi keduanya bisa berjalan baik,” terang Tumbelaka, Minggu (4/12/2016) tadi malam.

Dikatakan pula, perombakan kabinet oleh GSVL-Mor adalah hal yang wajar dalam meraih upaya sesuai janji politik Manado Cerdas. “Guna mewujudkan itu tentu variable utamanya adalah menghadirkan kabinet Cerdas yang nantinya akan menghadapi tantangan zaman dan menghadapi ‘handy cap’ atau kendala-kendala yang ada. Adapun penetapan atau pembentukan kabinet cerdas, termasuk Camat dan Lurah, harus memperhatikan variabel ‘attitude’ (sikap mental) dan etos kerja yang didasari kompetensi. Dan nantinya yang terbaik yang berhak masuk kabinet Cerdas,” tandas Tumbelaka.

Dikatakan pula, keputusan GSVL-Mor untuk mengganti Camat dan Lurah kumabal sudah sangat tepat, dan diharapkan setiap 6 bulan akan ada evaluasi dan jika nanti ditemukan ada oknum birokrat yang kinerjanya jauh dari harapan maka sudah seyogyanya dievaluasi. “Evaluasi harus dilakukan terus-menerus,” tukasnya.(dsw)



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment