Berita Terbaru

Tuesday, November 29, 2016

Ini pesan Sekda Sitaro kepada tua-tua Adat Kampung
by donwu - 0

Sekda Sitaro Adry Manengkey.
SITARO, SMCOM—Selasa (29/11/2016) bertempat di ruang Auditorium Pemkab Sitaro, Sekda DR Adry Manengkey MSi membuka Siminar Adat Tingkat Kampung. Dalam sambutanya, Manengkey menjelaskan bahwa lembaga adat adalah lembaga kemasyarakatan, baik yang sengaja dibentuk maupun yang secara wajar yang telah tumbuh berkembang di dalam sejarah masyarakat atau dalam suatu masyarakat hukum adat tertentu dengan wilayah hukum adat dan hak atas harta kekayaan di dalam hukum adat tersebut.

“Lembaga adat berhak atau berwewenang untuk mengatur, mengurus dan menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan yang berkaitan dengan dan mengacu pada adat istiadat dan hukum adat yang berlaku," ujarnya.

Manengkey menegaskan, ada beberapa hal yang patut disampaikan, bahwa adat istiadat adalah budaya yang sudah ada berkembang di tengah masyarakat merupakan nilai hasil cipta, rasa dan karsa dari masyarakat itu sendiri. “Pentingnya mengembangkan serta memelihara dan melestarikan nilai-nilai adat adalah untuk menumbuh kembangkan jati diri suatu daerah bahwa kita telah memiliki peradaban yang begitu besar dejak zaman dahulu sebelum negara kita tercinta ini terbentuk,” ujarnya.


Dan yang terpenting adalah, lembaga adat tingkat kampung berada pada posisi terdepan, dalam melestarikan budaya adat istiadat daerah. “Tumbuh kembangnya pelestarian adat istiadat berada pada pundak para tua adat tingkat kampung tersebut. Sehingga pemerintah daerah sangat berharap dukungan saudara sekalian untuk menata kembali budaya adat yang sudah kulai terkikis di tengah komunitas masyarakat Karangetang Mandolokang dan Kolo-kolo," tandas Manengkey.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment